Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Zaman Sekarang Lelaki Memakai Anting

Jaman sekarang ini banyak orang laki-laki tua, muda dan anak-anak yang memakai satu atau bahkan lebih anting di telinganya. Aku sebenarnya ingin mengetahui apa alasan sebenarnya mereka ini memakai anting layaknya seorang cewek, namun hati ini malu untuk bertanya meski aku juga punya teman yang memakai anting di sebelah telinganya.

Anting-anting seperti itu kan biasanya dan lebih afdhol dari sisi hukum islam dipakai oleh kaum perempuan, tapi kenapa lelaki juga memakainya. Adakah alasan yang tepat dari sisi Al Qur'an dan Hadits yang mneyatakannya, ataukah mubah atau boleh hukumnya bila seorang laki-laki memakai anting-anting.

Yang jelas, dalam Al Qur'an telah disebutkan bahwa Allah SWT melaknat seorang laki-laki yang menyerupai wanita dan seorang wanita yang menyerupai laki-laki.
Menyerupai di sini bisa diartikan dalam hal perhiasan juga kan. Karena bahasa Arab bisa bermakna luas karena sebuah kata saja, hingga para ahli tafsir menterjemahkan untuk kita semua.

Satu hal dan yang pasti, kalau semisal itu hukumnya mubah atau boleh, juga tak ada faedahnya sama sekali. Namun, kalau hukumnya ternyata adalah dilaknat Alloh SWT, maka lelaki yang tidak memakai akan memperoleh banyak pahala, dan yang memakai akan rugi.

Daripada itung-itungan, barang subhat, lebih baik kan ditinggalkan akan lebih aman tidak perlu memakai anting ini untuk kaum lelaki.

Wallahu A'lam.
Tag : Islam
Back To Top