Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Sumpah Palapa dalam Bahasa Jawa

Sudah pada tahu kan yang namanya Patih Gajah Mada. Beliau adalah sosok yang muncul pada pemerintahan Raja Jayanegara. Ia memulai karirnya sebagai anggota pasukan pengawal raja atau Bhayangkari.

Pada pemberontakan kuti, ia berhasil menyelamatkan raja ke Desa Bedander. Nah, setelah berhasil memadamkan pemberontakan, Gajah Mada kemudian diangkat menjadi Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian ia diangkat menjadi Patih Daha.

Pada tahun 1334, Gajah Mada mengucapkan sumpahnya yang terkenal dengan Sumpah Palapa. Sumpahnya itu diucapkan di tengah-tengah Paseban Agung yang dihadiri Sang Maharani dan didengar oleh semua menteri dan pembesar istana.

Inilah Sumpahnya,
"Lamun huwus kalah Nusantaro isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, ring Dompo, ring Bali, ring Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa."

artinya,
"Saya baru akan berhenti berpuasa makan palapa, jikalau seluruh Nusantara bertakluk di bawah kekuasaan Negara, jikalau Gurun, Seran, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang dan Tumasik sudah dikalahkan."
Tag : Pahlawan
Back To Top