Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

20 Pelajar Tumbang karena Ikut Upacara Bareng SBY

Sekitar 20 pelajar pingsan dan kelelahan saat mengikuti kegiatan upacara bendera Peringatan Kesaktian Pancasila bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di lapangan Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur, pada Selasa, (1/10).

Peserta upacara yang pertama kali tumbang yakni dua siswa Sekolah Dasar. Saat pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPR RI Marzuki Alie, peserta bertumbangan terus bertambah.

Memasuki pembacaan doa oleh Menteri Agama Suryadharma Ali, jumlah peserta yang tumbang kian bertambah. Hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono meninggalkan lapangan upacara, total peserta tumbang sebanyak 20 peserta, yaitu 8 siswa SD, 3 siswa berseragam KNPI , 4 siswa SMA, 3 siswa SMP dan 2 dari Pramuka .

Peserta yang bertumbangan tersebut dituntun oleh panitia upacara, Paspampres maupun TNI. Mereka yang lemas diistirahatkan di belakang barisan pasukan dan posko.

Upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 08.30 WIB. Sementara, para peserta upacara sudah tiba pada pukul 06.30 WIB. Kebanyakan mereka yang lemas karena belum sarapan.

"Sarapan sedikit. Saya dari rumah tadi jam enam pagi. Rumah di Jatiwarna," ucap seorang siswa SMA 13 Lubang Buaya.

Mayoritas dari siswa yang tidak kuat berdiri dalam jangka waktu yang lama ini akibat asupan gula yang tidak mencukupi.

"Mereka diberi teh hangat manis dan yang sudah mau pingsan kami beri oksigen supaya kuat lagi," ucap seorang petugas kesehatan di Posko Kesehatan.

sumber:
jpnn.com
Tag : Berita
Back To Top