Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Apa Motif Mistik di Balik Larangan Topeng Monyet

Budayawan Betawi, Ridwan Saidi tidak setuju dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang menggusur topeng monyet dari wilayah DKI.


Pasalnya, menurut Ridwan, kebijakan tersebut dinilai tidak memiliki manfaat bagi warga Jakarta.

Menurut Ridwan, dari aspek sosial, larangan topeng monyet akan menghilangkan penghasilan warga. Padahal, profesi pengamen topeng monyet adalah mata pencaharian yang halal.

"Cari makan halal dari rakyat ngapain sih diganggu, saya heran. Dia juga akan mengurangi kekhasan ibu kota," tegas Ridwan saat ditemui di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (28/10).

Ia juga mempertanyakan alasan perlindungan hewan yang digunakan Jokowi. Menurutnya, kebijakan perlindungan hewan seharusnya tidak hanya diterapkan untuk topeng monyet.

"Ikan lumba-lumba dia sering nyundul bola nggak ditertibkan, nggak adil. Macan memang senang hidup di kerangkeng? Jadi nggak adil (kalau alasannya) penyayang binatang," ujar pria berambut putih ini.

Ridwan curiga kebijakan tersebut dibuat Jokowi secara emosional. Ia bahkan menduga ada motif mistik di balik pemberlakuan kebijakan kontroversial tersebut.

"Saya curiga Jokowi ini punya kepercayaan monyet itu bikin sial dirinya, bawa sial. Ada kultur Jawa, dia kan kejawen. Iya saya khawatir itu motivasi dia mikirin monyet," tandasnya.

sumber
jpnn.com
Tag : Misteri
Back To Top