Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Siapa Tuan Rumah World Expo 2020

Kota Dubai di Uni Emirat Arab terpilih sebagai tuan rumah World Expo 2020.

Dubai menjadi kota pertama di Timur Tengah yang menjadi lokasi perhelatan ini.


Sebelumnya, para wakil kota dari Brazil, Uni Emirat Arab, Rusia dan Turki berkumpul di Paris pada Rabu (27/11) untuk mengetahui kota mana yang akan menjadi tuan rumah World Expo 2020. Pasalnya, yang dipertaruhkan dalam hajatan ini adalah investasi miliaran dolar, pariwisata dan kesempatan menjadi pusat perhatian global.

Dubai mengalahkan pesaing lainnya, yaitu Kota Izmir di Turki, Sao Paulo di Brazil dan Yekaterinburg di Rusia, setelah melalui tiga putaran pemungutan suara oleh delegasi dari 168 negara anggota Biro Internasional des Expositions (BIE) di Paris. Terpilihnya Dubai langsung direspon dengan pesta kembang api di kota kaya minyak itu.

Penguasa Dubai, Sheikh Mohammed Bin Rashid al-Maktoum, telah berjanji memberikan kejutan pada acara terse but. "Kami berjanji untuk mengejutkan dunia pada 2020," kata Sheikh al-Maktoum setelah menang seperti dilansir BBC, Kamis (28/11). "Dubai Expo 2020 akan menghidupkan kembali peran kuno Timur Tengah sebagai lokasi budaya dan kreativitas," tambahnya.

Meskipun World Expo tidak lagi sepopuler peristiwa-peristiwa global lainnya seperti Olimpiade atau Piala Dunia, namun ajang itu tetap merupakan kesempatan bagi jutaan orang dari seluruh dunia untuk membahas dan melihat bisnis masa depan. Sedangkan World Expo tahun depan dijadwalkan berlangsung di Milan. Sedangkan untuk World Expo 2017 akan digelar di Astana, Kazakhstan.

sumber
jpnn.com
Tag : Berita
Back To Top