Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Betapa Banyaknya Makanan Takjil di Hayam Wuruk Kediri

Setiap kali Ramadhan datang, jajanan takjil alias makanan ringan untuk berbuka puasa merupakan pernak-pernik unik yang pasti muncul, tak terkecuali di Kediri, Jawa Timur.

Ada di antara mereka memang pedagang makanan, tetapi ada pula anak-anak muda yang sedang "belajar" berwirausaha.

Di Kediri, Jalan Hayam Wuruk setiap tahun menjadi pusat penjual jajanan takjil. Trotoar jalan protokol ini cukup strategis karena berada di tengah kota dan termasuk kawasan pusat perekonomian.


Para pedagang jajanan takjil ini menggelar makanan di meja-meja kecil dengan tenda, ada pula yang memajangan aneka rupa makanan itu di atas mobil. Pedagang makanan yang memanfaatkan mobil sebagai "gerai" ini rata-rata adalah anak-anak muda yang adalah pelajar, mahasiswa, atau dari organisasi kepemudaan seperti karang taruna.

"Itung-itung untuk mengisi waktu sekaligus belajar usaha mandiri," kata Toni, seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kediri, soal aktivitasnya berdagang di Jalan Hayam Wuruk ini, Minggu (29/6/2014).

Para pedagang ini menawarkan aneka jenis penganan dan minuman. Kolak, adalah salah satu yang khas jadi jajanan takjil. Di jalan ini juga bisa ditemukan beragam lauk dan sayuran.

Rata-rata takjil sudah dikemas sedemikian rupa. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Untuk sebungkus kolak misalnya, dibanderol Rp 1.000 hingga Rp 1.500 per bungkus. Adapun lauk berupa ayam panggang ditawrkan seharga Rp 2.500 per potong, untuk potongan paha.

Keberadaan para pedagang dadakan itu dirasa cukup membantu, terutama bagi para warga yang tidak senoat memasak ataupun mereka yang sedang jauh dari rumah.

sumber:
http://regional.kompas.com
Tag : Berita
Back To Top