Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

15 Kriteria Disebut Pria Sejati | Kagem Bojomu

Setiap kita pastinya bakal bertumbuh dan sekaligus berkembang. Bukan cuma fisik tetapi juga psikis. Ada masanya dimana kita cukup seru-seruan pada fase anak-anak sampai remaja, tapi ada kalanya juga dimana kita pingin disebut dewasa, dan bahkan sampai menyandang gelar cowok perkasa, eh bukan “cowok sejati”.

Disadari atau nggak, fase ini diidamkan banyak orang. Bukan cuma kita, tapi juga cewek-cewek di luar sana yang siap mengincar siapa saja cowok yang punya kesejatian ini. Dan sosok itu semua bakal terlihat perbedaannya dalam sifat dan sikap.

Inilah 15 hal yang menjadi harus bisa dilakukan kita kalau mau disebut sejati :
1. Menguasai Beberapa Olahraga Mainstream

Bermain sepak bola adalah salah satunya. Saat demam piala dunia, olahraga ini nggak cuma ditonton tapi sesekali juga dimainkan bersama teman-teman. Bentuknya bisa futsal atau sepakbola full team. Selain itu, badminton, bola basket dan atau berenang bisa dijadikan salah satu hobi olahraga kita.

Lagian, ini kan deretan olahraga yang paling sering diperkenalkan dan dipraktikkan sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah. Masa nggak ada satu pun yang bisa! Tenang, kalaupun nggak jago-jago amat memainkannya, minimal kalau lo cowok, lo dituntut ngerti sistem dan permainan olahraga ini.

Tapi, untuk beberapa orang, olahraga tersebut, emang bahkan ada keharusan untuk menguasainya. Nggak percaya, cewek bernama Laras mengakui hal ini. “Nggak apa-apa ada kok cowok yang nggak bisa main sepak bola, tapi sedikitnya dia ngertilah kalo diajak ngobrol soal bola. Yang wajib sih, punya pacar yang bisa berenang, kalo gue tenggelem nanti siapa yang bakal nolong gue kalau nggak bisa renang,” ucap Laras soal apa-apa yang harus dikuasai cowok nih!

2. Menyetir

“Nggak harus bisa menyetir mobil, tapi paling nggak cowok sekarang itu harus bisa mengendarai motor yang baik dan benar,” tutur Gita , cewek asal Bekasi ini percaya sebagian besar cewek di perkotaan bakal membutuhkan “jasa” cowok dalam penguasaan skill berkendara, terutama di Jakarta.

Nah, kalau bisa mengendarai suatu kendaraan, maka otomatis (dan paling penting) bagi kita juga adalah harus tahu rute jalan. Ya, walau ada bantuan GPS, cowok yang tahu jalan-jalan alternatif bisa dianggap sebagai cowok yang luas pergaulannya.

Selain itu, yang kedua adalah punya surat izin mengemudi (SIM) yang sah. Jadi bukan cuma sekadar bisa jalan sama dia, kita juga tetap juga bakal membuatnya safe pas lagi boncengan sama cewek kita. Iya nggak?

3. Bermain Gitar

“Katanya, cowok yang bisa bermain gitar, identik dengan sosok berotak cerdas dan berjiwa romantis? Hmm, bener nggak sih?” kata Kristin .

Ada yang bisa menjawab? Sejauh ini, kalau melihat film-film, biasanya para cewwek emang beneran pada berdesir atau juga melting menyaksikan cowok yang jago bermain alat musik, minimal gitar. Sisanya, bisa tuh sekali-kali ambil kelas piano, keyboard , drum atau alat musik lainnya. Apapun itu, cewek bakalan suka sama cowok yang bisa memainkan alat musik. Terlebih, kebiasaan bermain alat musik ini seringkali dikaitkan dengan pergaulan atau kepribadian kita loh.

4. Memanjat Pohon

“Kalau sampai ada cowok yang nggak bisa memanjat pohon, itu malu-maluin banget deh! Gimana kalau aku minta diambilin mangga di atas pohon saat itu juga?” kata Desi mengidamkan cowok yang jago panjat pohon.

Well, itu diantaranya aja. Lagian kalau mau mangga dan emang di musim yang tepat, kita bisa membelinya di supermarket. Tapi bukan itu maknanya. Sebenarnya, ini cuma menjadi salah satu kode, hal yang wajib dikuasai kita.

Yap, memanjat pohon, atau apapun yang bisa dipanjat, seperti pagar, tembok atau bahkan panjat Pinang di acara tujuh belasan cuma bikin kita terlihat nggak lemah dan cowok banget. Selalu siap siaga dan bisa diandalkan itu aja kok!

Tapi bakalan aneh juga sih kalau lagi jalan atau main ke rumah cewek, eh dia minta diambilin buku di rak paling tinggi, kita bahkan nggak bisa memanjat tangga? Tengsin kali ah!

5. Ganti Ban

Sudah menjadi tuntutan kalau cowok yang bisa ‘mengendarai’ mobil atau motor, berarti juga dia bisa mengganti ban atau perangkat dan atribut lainnya. Sementara untuk cewek, nggak ada keharusan.


6. Betulin Kelistrikan

“Agak aneh kalau ngeliat cowok nggak bisa ngebenerin peralatan yang berhubungan dengan listrik di rumah. Sepertinya kurang oke!” ujar Sita nuntut kita untuk oke dengan alat-alat listrik. Catet, bukan cuma gadget lho!

Simpel aja, pasalnya, cowok sejati nggak akan membiarkan lampu kamar di rumah cewek kita tiba-tiba mati, atau misal pas lagi main ke rumahnya eh listrik di rumah dia mengalami konsleting, terus kita cuma diem aja gitu? Mending kalo cewek kita punya kakak cowok atau masih ada bokap, kalau nggak, saatnya kita turun tangan, bro!

Tapi pastikan, sebelumnya sudah sempat berlatih, minimal bisa membantu potong kabel atau mengisolasi kabel putus. Tapi kalo disinyalir penyebab alat listrik rusak parah, maka sikap paling gentle lainnya adalah sigap memanggil tukang atau ahlinya.

7. Angkat Barang

Sudah dari sananya cowok diberi kelebihan untuk punya tenaga yang lebih besar dan kuat dibanding cewek. Jadi untukalasan itu, jika ada urusan mengangkat/mengambil barang berat atau mengambil benda di tempat yang lebih tinggi, ya kitalah bro yang harusnya lebih mampu dan berusaha membantunya.

“Tentunya untuk urusan angkat barang atau mengambil barang di atas lemari. Kita siap menyediakan makanan lebih kok supaya lelaki makin kuat,“ itu kata Intan , lho.

8. Pasang Antena

“Yang ini tugasnya cowok banget!” kata Dessy yakin banget kalau ini pas dilakukan para cowok.

Memasang dan memperbaiki posisi antena televisi atau parabola di rumah memang pekerjaan teknis yang biasa dipahami kita. Nggak tahu kenapa, kita selalu punya cara untuk meletakkan posisi antenna yang pas yang akhirnya membawa gambar di TV jadi bagus dan nggak banyak semutnya. Maka nggak salah kalau untuk urusan ini, cewek banyak bergantung pada cowok.

9. Jadi Imam Shalat

Buat kalian yang beragama Islam, pastinya tahu sekalimat kecil namun dalam makna yang sering diucapkan para cewek dari hatinya yang terdalam.

“Jadikan aku imam-mu, Mas!” sambil memohon, semoga, semoga, semoga.

Well, saat mereka ingin kita bisa menjadi imam pas salat berjamaah. Maka, yang ini nggak bisa ditolak lagi. Nggak mungkin kan, kamu menyuruh dia saja yang jadi imam? Itu salah, Man!

Lagian, menjadi imam itu kayak semacam simbol bahwa kalau cowok sanggup menjadi iman, maka dia juga mampu membimbing pasangannnya. “Bagaimana bisa menjadi imam (pemimpin) keluarga, kalau menjadi imam salat saja nggak bisa. Jadi, yang ini tidak bisa ditawar-tawar lagi.” tegas Ayu .

Nah loh! Buka lagi buku tata cara salat yang baik dan benar, dan sah!


10. Membunuh Kecoa

Kalau ditanya hewan apa yang paling banyak ditakutin sama cewek-cewek di dunia. Actually, kecoa! Nah, tugas kalian nggak boleh memilih kecoa sebagai salah satu hewan yang ditakutin juga. Please!

Sebagai cowok, kita harus berani menghadapi kecoa. Meski binatang itu menjijikan, dan bahkan bisa terbang ke sana ke mari,_katanya? Kita nggak boleh mundur untuk menghadapinya. Apalagi kalau pas cewek kita ketakutan karena hewan itu, maka kita tinggal bilang, “Sini, biar kita membasminya!”.

Dan jangan pernah ikut menjerit-jerit saat kecoa itu bertingkah dalam proses pembasmian oleh kalian.

11. Buang Sampah

Mengapa ini menjadi salah satu keahlian yang harus dikuasai para cowok? Hmm katanya sih ini untuk masa depan kita, anak kita, dan cucu-cucu kita.

Masih inget nggak waktu kita kecil dulu, siapa yang suka disuruh nyokap untuk bantuin buang sampah? Exactly , kita bro! bukan malah adik cewek atau kakak cewek kita? Why?

“Karena para cewek sudah repot dengan urusan memasak dan mencuci piring di rumah. Jadi, lelaki lah yang seharusnya mengurusi sampah,“ canda Lulu membayangkan masa depan.





12. Masak Mie Instan

Pada akhirnya nggak cuma kudu jago membuat sampah, kita juga dituntut bisa memasak mie instan. Oh come on!

“Keterlaluan kalau cowok nggak bisa masak mie instan, itu gampang dan sudah ada petunjuknya di bagian belakang kemasan!” cerocos Ratna , dia emang tahu makanan kesukaan kita dan makanya kita disuruh belajar (instan) cara memasak mie instan sendiri. Dasar!

Tapi, ini yang menjadi catatannya, sejujurnya kita emang nggak suka, sih direpotkan, apalagi dengan urusan masak-memasak. Jadi kalau pun kita sedang lapar dan nggak ada makanan di rumah, dijamin kita pasti bakalan cari makan di warung luar, delivery, dan atau memasak mie instan saja yang mudah. Jadi kita harus bisa!

13. Pinter Bela Diri

Kalau pun nggak jago-jago amat bermain silat, atau punya kekuatan ilmu bela diri yang kanuragan apalagi punya ilmu tenaga dalam, minimal sebagai cowok kita punya cara bagaimana bertahan dari serangan (fisik) luar.

Lagian, waktu kecil kita pernah main berantem-beranteman kan? Dan itu pakai fisik. Nah, saat sudah jelang dewasa, yang harus kita miliki adalah ilmu bertahan atau kalau sudah keterlaluan membela diri dengan pertahanan dan tangkisan. Mendapat cara ini, pelajari lagi tutorial pencak silat atau ilmu bela diri dari guru masing-masing. Kita wajib mengamalkannya lagi, bukan Cuma untuk kita, tapi untuk cewek kita, keluarga dan orang lain. Itu baru laki banget!

14. Punya Uang

“Nggak ada uang, nggak ada sayang!” entah siapa yang menemukan kalimat sialan itu. Korbannya pasti kita kan? Dari dulu sampai sekarang, kita jadi bakalan prepare untuk selalu siaga uang di saku atau dompet kita kalau mau jalan sama dia.

Sebenarnya, ini bukan sesuatu yang sulit. Sebagai cowok, kita dilatih untuk bisa mengorganisir keuangan pribadi, dan keluarga nanti. Kalau saat ini, ada yang bilang pacaran bikin kantong bolong, itu mitos, bro! (jawabannya cek di artikel ini !).

Kita cuma harus bisa punya uang adalah biar kita punya mental, terutama mental financial yang kuat. Sebagai cowok, sudah ditakdirkan kita untuk berada di garis terdepan dalam hal penghasilan. Kita dituntut menafkahi orang yang kita cintai dengan uang yang baik dari hasil kerja yang baik. Maka kalau dari sekarang kita harus punya uang, kita belajar untuk berusaha keras meraih apa yang diinginkan bersama.

15. Sabar

Pada akhirnya, sabar akan membawa keberuntungan . Begitu kata para filsuf kenamaan. Kalau mengikuti artikel ini, kita pun bakal sadar, kebanyakan hal yang harus bisa dilakukan kita semua ini karena tuntutan para cewek, dan kita sendiri yang harus bisa mewujudkannya dengan kekuatan dan kesabaran.

Hal apa lagi yang membuat kita nggak mau berusaha keras demi kebaikan kita dan juga orang-orang yang dicintai. Maka berjuanglah untuk 15 hal ini, dan bersabarlah kalau belum mencapai semuanya.

Inget lagi ucapan filsuf, sabar membawa keberuntungan . Maka, dengan caraNya, Dia selalu bisa mewujudkan kita untuk bisa berolahraga, membawa motor, betulin listrik, angkat beban, jadi iman, dan punya uang (materi), kalau kita mau berusaha.

sumber: hai-online.com
editor: kejawen wetan.
Tag : Rahasia
Back To Top