Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

5 Alasan Jangan Makan di Meja Kerja

Makan siang di meja kerja sering kali dilakukan para pekerja untuk menghemat waktu mereka.

Kebiasaan ini mungkin memang dapat membuat waktu bekerja terasa lebih efisien, tetapi sebenarnya tidak bagi kesehatan.

Ada beberapa risiko kesehatan dan kebersihan yang meningkat saat makan di meja kerja. Inilah alasan kenapa orang perlu meninggalkan kebiasaan tersebut sekarang juga.


5 Alasan Jangan Makan di Meja Kerja


1. Meja kerja bukanlah tempat yang bersih

Penelitian membuktikan, rata-rata bakteri yang ada di meja kerja 400 kali lebih banyak daripada jumlah bakteri yang ada di dudukan toilet. Kenapa? Coba bayangkan, berapa kali Anda membersihkan meja atau keyboard komputer sebelum atau sesudah mengetik? Tak mengherankan bahwa makan di meja kerja tidak hanya menambah kotor meja, tetapi juga membuat makanan Anda terpapar bakteri dari meja.

2. Buruk untuk sistem pencernaan

Ketika makan sambil bekerja, konsentrasi akan lebih banyak terpusat pada pekerjaan dibandingkan pada makanan. Karena itu, makan di meja kerja akan mengurangi suplai darah yang seharusnya lebih banyak untuk sistem pencernaan menjadi ke otak dan jantung.

Saat makan, tubuh membutuhkan suasana yang rileks sehingga dapat mengurangi stres pada kesehatan internal dan pencernaan. Risiko yang mungkin dirasakan akibat kebiasaan makan di meja kerja adalah kembung, heartburn, dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Buruk untuk postur tubuh

Duduk berjam-jam di meja kerja akan membuat bahu, punggung, leher, dan tungkai pegal. Pergi makan siang ke luar sebenarnya merupakan alasan yang baik untuk meninggalkan sejenak meja kerja. Berjalan kaki akan membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga tubuh pun lebih berenergi.

4. Tidak merasa kenyang

Ketika makan di meja kerja, Anda mengalihkan konsentrasi dari makanan ke pekerjaan. Karena terlalu berkonsentrasi dalam bekerja, orang tidak memperhatikan proses makan sehingga memicu asupan berlebihan.

5. Menurunkan produktivitas

Meninggalkan meja kerja sebentar juga bermanfaat membuat otak beristirahat. Ini membantu menyegarkan kembali otak dan mengurangi lelah. Menggerakkan tubuh untuk berjalan ke kantin juga membantu memperlancar suplai oksigen ke seluruh tubuh dan otak. Saat makan di meja, otak tidak mendapatkannya sehingga Anda menjadi cepat lelah dan bosan.

sumber:
kompas.com
Tag : Sakit
Back To Top