Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Vitamin-Vitamin yang Dibutuhkan Kulit

Kulit juga memerlukan lemak untuk dapat menjalankan fungsinya, namun lemak yang dibutuhkan bukan dari jenis lemak jenuh atau trans yang berbahaya tapi lemak baik yang berasal dari kacang-kacangan, minyak zaitun, dan omega-3.

Asam lemak omega-3 banyak terdapat pada ikan laut (tuna, salmon, sardin, makerel, tengiri, kembung, dll), dan biji-bijian flax (flaxseeds).

Vitamin berikut ini diperlukan bagi kesehatan kulit:

  • Vitamin A, diperlukan tubuh untuk merangsang perbaikan sel-sel kulit. Banyak terdapat pada margarin, hati ayam, telur, susu, wortel, ubi, bayam dan pepaya. Makan satu mangkuk (200-250 g) pepaya setiap hari cukup untuk kesehatan kulit.
  • Vitamin C, diperlukan untuk memproduksi kolagen, protein yang sangat diperlukan agar kulit elastis, kencang, dan bebas keriput. Makan sebuah jeruk setiap hari secara teratur merupakan saran y ang paling sederhana. Selain jeruk, stroberi, jambu merah, pepaya, kentang, brokoli, dan kembang kol juga merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin C.
  • Vitamin E, dibutuhkan kulit untuk menjaga kesatuan jaringan kulit. Makanan yang kaya vitamin E terdapat pada biji-bijian seperti gandum dan havermout, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti sardin, makerel.

sumber:
intisari-online.com
Tag : Sakit
Back To Top