Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

4 Faktor Penyebab Cepat Tua

Jangan merokok, bagi yang sudah maka segeralah berhenti merokok sedari sekarang, usahakan. Karena rokok adalah salah satu penyebab orang menjadi tampak semakin tua saja.

Menurut hasil studi ini ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan seseorang cepat tua, internal dan eksternal, dan umumnya mereka cenderung memiliki usia pendek.

1. Merokok

Bukan rahasia lagi, merokok buruk bagi kesehatan Anda. Kebiasaan buruk ini menyebabkan tampilan seseorang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Selain itu, pada studi yang dilakukan tahun 2005 juga ditemukan, merokok dapat membuat hidup Anda lebih singkat.

2. Sinar matahari

Paparan sinar matahari menyebabkan penurunan kekenyalan, mengusamkan wajah, dan menyebabkan kulit cepat keriput. Alhasil penuaan secara eksternal pun kian laju, dan akibatnya Anda terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya. Perusakan jaringan elastis pada kulit menghasilkan penampilan kulit kasar.

3. Konsumsi gula berlebihan

Diet yang buruk juga memiliki kontribusi yang signifikan pada penuaan dini. Asupan gula yang tinggi, misalnya, dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat. Namun, ini tergantung dari bagaimana metabolisme tubuh mengelola kandungan gula dalam tubuh, seperti yang dijabarkan pada sebuah studi tahun 2009 lalu dari Montreal.

4. Kesepian

Sendiri di usia tua merupakan penyebab penuaan yang banyak dialami oleh banyak perempuan. Sebuah penelitian tahun 2011 menyurvei 985 responden yang menjalani hidup mereka dalam kesendirian. Para peneliti menemukan bahwa aktivitas motorik tubuh mereka turun hingga 40 persen, dan menyebabkan mereka memiliki risiko kematian lebih tinggi.

sumber: kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top