Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

4 Tips Agar Kantong Tidak Jebol saat Lebaran

Sebentara lagi lebaran, hari raya Idul Fitri. Akan dapat THR, tapi khawatirnya belum habis lebaran tapi dana sudah menipis alias habis.

Tanpa disadari, berbelanja secara berlebihan sebelum hari raya menjadi kebiasaan baru yang sulit dihindari. Bahkan, itu kerap terjadi di di Hari Lebaran.

Pernahkan Anda menyadari bahwa biaya belanja untuk membeli parsel, bahan makanan pokok dan pakaian melebihi anggaran hingga kantong terkuras dengan cepat?

4 Tips Agar Kantong Tidak Jebol saat Lebaran

1. Kebutuhan darurat

Tunjangan Hari Raya (THR) memang dapat menjadi alasan untuk memenuhi kebutuhan Anda jelang Lebaran. Namun, hal ini bukan menjadi alasan untuk boros. Sebelum menghamburkan pendapatan, ada baiknya Anda menyisihkan untuk kebutuhan-kebutuhan genting dan tak terencana.

Biasanya setelah hari raya orang mengeluh kalau tabungannya sudah habis. Di saat itulah simpanan tadi bisa dipergunakan di saat-saat seperti itu.

2. Tetapkan prioritas

Anda termasuk orang yang selalu membuat daftar belanjaan secara rinci? Jika tidak, Anda harus memulainya dari sekarang. Melalui daftar belanjaan tersebut, Anda akan mengetahui keperluan belanja berdasarkan prioritas. Anda harus dapat membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

3. Bijak melihat diskon

Hari raya identik dengan diskon. Meski begitu, Anda harus bijak melihatnya.

Jika produk yang Anda butuhkan kebetulan sedang berdiskon, Anda boleh membelinya.

Anda harus tentukan prioritas. Jika produk yang Anda butuhkan kebetulan sedang berdiskon, Anda boleh membelinya. Sebaliknya, pikir berkali-kali sebelum membeli produk yang tidak dibutuhkan walaupun memiliki diskon yang besar.

4. Hemat berbelanja online

Perkembangan teknologi telah mengubah kebiasaan berbelanja konvensional pada cara baru, yaitu melalui online. Selain lebih simpel, tahukah Anda bahwa saat berbelanja online berarti Anda telah menghemat pengeluaran?

Ya, berbelanja online bukan hanya soal kemudahan, tapi juga penghematan. Tanpa menghabiskan banyak waktu di jalan yang memungkinkan Anda melihat-lihat dan membeli barang lainnya, Anda juga tak perlu mengeluarkan ongkos lebih.

sumber: kompas.com
Tag : Berita
Back To Top