Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

5 Bagian Tubuh ini Sebaiknya Jangan Disentuh Tangan

Tidak boleh disentuh tangan karena tangan kotor mengandung banyak kuman. Harus cuci tangan terlebih dahulu jika ingin memegangnya.

5 Bagian Tubuh ini Sebaiknya Jangan Disentuh Tangan

1. Wajah
Anda boleh saja memakai tangan untuk mencuci muka atau mengplikasikan kosmetik, tapi selain itu hindarkan tangan dari bagian wajah. Jari tangan kita mengandung minyak, debu, dan kuman, yang bisa menyumbat pori.

2. Saluran telinga
Jangan pernah masukkan jari tangan atau benda lain ke dalam liang telinga. "Benda apa pun yang dimasukkan ke lubang telinga bisa merobek kulit yang melapisi saluran telinga," kata John K Niparko, ketua departemen bedah kepala dan leher.

Jika Anda merasa gatal yang menetap di telinga atau gangguan lain, periksakan ke dokter. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari penumpukan lilin telinga, eskim, infeksi, dan sebagainya.

3. Bokong
Bagian anus mengandung bakteri yang berbahaya. Setelah Anda buang air besar dan menyentuh bagian bokong, cucilah tangan dengan sabun di bawah air mengalir.

4. Mata
Selain menggunakan lensa kontak atau mengambil partikel yang berada di mata, batasi tangan Anda dari menyentuh bagian mata. Kuman dan debu yang masuk ke mata bisa menyebabkan berbagai gangguan, mulai dari iritasi sampai infeksi.

5. Bagian dalam hidung
Punya hobi mengorek-ngorek lubang hidung? Kurangilah mulai sekarang. Penelitian menunjukkan, orang yang hobi mengupil cenderung memiliki bakteri Staphylococcus aureus yang bisa memperburuk luka terbuka.

sumber kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top