Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

5 Tanda Gelagat Orang yang Berbohong

Orang yang berbohong sedang berbohong memiliki tanda atau gelagat yang terlihat kalau dia itu memag sedang berbohong. Apa sajakah cirinya.

Berikut 5 Tanda Gelagat Orang yang Berbohong

1. Menutup mulut dengan tangan

"Tanda dari orang berbohong adalah orang tersebut secara otomatis menaruh tangan mereka menutup mulut," ujar dr Glass. Menurutnya, ketika orang dewasa melakukan hal tersebut ada dua kemungkinan. Pertama mereka tak ingin menyebutkan semuanya, atau mereka tak ingin menyebutkan hal yang sebenarnya.

2. Menunjuk lawan bicara

Dr Glass menyebutkan bahwa pembohong seringkali menunjuk lawan bicaranya apabila merasa terpojok dan melindungi diri. "Seakan dia ingin membalikkan fokus ke Anda," ujar dr Glass.

3. Gerakan kepala

Menggeleng tak selalu berarti menolak, sama seperti mengangguk yang tak selalu berarti setuju. Pasalnya dr Glass menyebutkan saat seseorang bertanya dan orang tersebut menjawab sambil menggelengkan kepala atau mengganguk, orang tersebut biasanya memberi sinyal kebohongan.

4. Nafas berubah berat

"Orang yang berbohong biasa akan bernafas lebih berat, dan pada bagian bahunya akan naik," ujar dr Glass. Hal ini terjadi lantaran detak jantung dan aliran darah yang berubah akibat rasa gugup yang timbul dari berbohong.

5. Kesulitan bicara

Jika Anda pernah menonton video interogasi atau persidangan, seringkali Anda dapat melihat seseorang yang tadinya berbicara lancar menjadi tersendat. Menurut dr Glass hal ini terjadi karena selaput lendiri di bagian mulut menjadi kering karena rasa stres mempengaruhi otot saraf.

sumber: kompas.com
Tag : Berita
Back To Top