Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

6 Tips Persiapan Lebaran di Rumah

Lebaran sebentar lagi mungkin esok hari...
Persiapan apa yang tepat dan bijak sambut lebaran di kampung.

6 Tips Persiapan Lebaran di Rumah

1. Siapkan suguhan secara praktis

Kontrol sumber stres Anda jauh sebelum pesta. Jika Anda memasak, pastikan masakan Anda telah siap satu hari sebelum dan hanya perlu dipanaskan di hari digelarnya open house. Wadah praktis berupa peralatan makan dan minuman yang praktis juga akan membantu. Jika dana Anda mencukupi, tak ada salahnya memesan jasa katering. Selain memudahkan proses memasak, Anda juga tak perlu repot memikirkan cucian peralatan makan.

2. Bersihkan rumah

Bukan berarti Anda hanya membersihkan rumah dari kotoran dan debu. Ada baiknya coba singkirkan perabotan rumah yang tak diperlukan untuk acara open house ke dalam gudang atau garasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang gerak lebih bagi para tamu yang diundang.

3. Buatlah dekorasi sendiri

Alih-alih menggunakan dekorasi sekali pakai yang terkesan murah, tak ada salahnya membuat sendiri dekorasi Anda. Contohnya Anda dapat merangkai bunga-bunga segar yang ditempatkan di sebuah wadah menarik atau ucapan Selamat Lebaran buatan Anda dan keluarga yang menghiasi meja tamu atau ruang santai.

4. Tata meja sajian makanan

Jika tamu Anda terbilang cukup banyak, meja makan yang ditata makanan secara prasmanan akan lebih memudahkan serta praktis, daripada menggelar makan bersama di meja makan. Anda juga dapat memisahkan tempat untuk makanan, minuman, dan cemilan. Hal ini selain memudahkan tamu untuk mengambil konsumsi, juga memudahkan Anda mengontrol persediaan makanan dan minuman.

5. Pikirkan denah interaksi tamu

Pilihlah jenis perayaan open house Anda. Apakah akan diadakan di area terbuka, berdiri, atau duduk. Siapkan jumlah kursi dan coba tempatkan di beberapa bagian yang tidak terlalu berkelompok.

6. Sediakan tempat sampah di beberapa sudut

Terakhir, sediakanlah tempat sampah yang memadai untuk para tamu yang datang. Pilihlah tempat sampah yang memiliki tutup agar perayaan senantiasa berlangsung bersih dan nyaman.

sumber kompas.com
Tag : Berita
Back To Top