Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

6 Langkah Ampuh Menuju Keberhasilan

Jaringan yang kuat tidak hanya membantu Anda membina hubungan baik dan tetap terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu Anda memajukan karier, namun juga meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Jaringan dapat memberikan referensi, umpan balik secara personal, dan pandangan objektif untuk mengevaluasi kesempatan dan hambatan dalam karier.

Anda bisa membangun jaringan dalam banyak kesempatan, seperti kolega, mantan kolega, mentor, teman, konferensi dan seminar, asosiasi industri, dan pendidikan.

Perlu disadari, kesuksesan dalam karier sangat bergantung pada karakter dan sikap Anda saat berada di kantor. Selain itu saat berinteraksi di lingkungan profesional juga dapat mempengaruhi.

Berikut adalah enam langkah yang ampuh membawa Anda menuju keberhasilan.

1. Percaya diri

Ada studi yang menyatakan bahwa wanita cenderung lebih mudah untuk meremehkan dirinya sendiri ketimbang pria. Selain itu, wanita pun cenderung tiga kali lebih rendah diri saat bersama atasan dan rekan kerja dibandingkan dengan pria. Alasannya adalah kurangnya kepercayaan diri. Ketika wanita merasa tidak yakin akan dirinya sendiri, biasanya ia akan menarik diri. Ubah stigma tersebut dengan mulailah berani menginisiasi diskusi, jadilah pembicara, dan pasang postur tubuh yang baik.

2. Tentukan tujuan

Rangkailah rencana karier Anda ke depan, seperti apa pencapaian Anda dalam tiga hingga lima tahun ke depan. Memiliki strategi dan fokus pada arah karier akan membantu Anda agar tetap berjalan pada jalur yang benar dan mengelola distraksi yang muncul setiap harinya. Jangan lupa juga untuk mengatakan strategi dan rencana karier Anda ini kepada orang-orang yang penting di sekitar Anda, sehingga mereka bisa mendukung Anda dalam meraih kesuksesan.

3. Bangun jejaring yang kuat

Jejaring profesional yang kuat tidak hanya membantu Anda membina hubungan baik dan tetap terhubung dengan orang-orang yang dapat membantu Anda memajukan karier, namun juga meningkatkan kepercayaan diri Anda. Jejaring dapat memberikan referensi, umpan balik secara personal, dan pandangan objektif untuk mengevaluasi kesempatan dan hambatan dalam karier. Anda bisa membangun jejaring dalam banyak kesempatan, seperti kolega, mantan kolega, mentor, teman, konferensi dan seminar, asosiasi industri, dan pendidikan.

4. Promosi diri

Promosi diri dapat dimulai dengan secara jelas mendeskripsikan kekuatan dan nilai yang tertanam di dalam diri Anda. Kata-kata sifat yang Anda susun tentang dua hal tersebut akan menjelaskan siapa sebenarnya Anda dan merepresentasikan personal brand Anda. Untuk menciptakan label profesional ini, Anda harus konsisten, bekerja dengan baik, mengambil risiko, mejawab tantangan, dan mengambil kesempatan dengan baik.

5. Perbarui CV dan profil LinkedIn secara berkala

Profil LinkedIn akan dilihat oleh profesional lain dan perekrut hampir setiap hari. Faktanya, kini LinkedIn memiliki 200 juta anggota dan merupakan jejaring bisnis terbesar. Sehingga, merupakan ide yang bagus untuk terus mempercantik profil LinkedIn Anda dan memperbarui informasi yang diberikan, seperti terkait pekerjaan dan prestasi Anda.

6. Berkomunikasi dengan terbuka

Pemimpin yang baik adalah seorang komunikator yang jelas dan terbuka. Mereka berkomunikasi secara efektif. Pastikan orang-orang yang menjadi kunci di divisi atau perusahaan mengenal Anda dan mengetahui kapabilitas Anda. Bersikaplah terbuka dan tulus dengan sesama rekan kerja. Bantulah orang lain dengan cara membiarkan mereka belajar dan mengambil manfaat baik dari pengalaman Anda.

sumber kompas.com
Tag : Berita
Back To Top