Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

5 Penyakit Akibat Terlalu Lama Duduk

Selain itu, terlalu banyak duduk juga mengurangi fleksibilitas pinggul. Duduk juga akan mengurangi kestabilan tubuh dan mengurangi kepadatan tulang.

Riset juga menunjukkan, duduk dan tidak aktif bergerak dalam 24 jam akan menurunkan efektivitas insulin sehingga beresiko sakit diabetes.

Berikut adalah beberapa efek duduk terlalu banyak bagi tubuh.

5 Penyakit Akibat Terlalu Lama Duduk

1. Penuaan otot.

Saat kita berdiri, bergerak atau duduk tegak, otot perut akan membuat kita tegak. Tetapi saat kita duduk merosot, otot tersebut tak terpakai. Hal ini bisa merusak lengkungan alami punggung.




2. Kerusakan organ.

Otot akan membakar lebih sedikit lemak dan aliran darah melambat, sehingga lemak akan lebih mudah menempel di pembuluh darah. Kebiasaan duduk dalam jangka panjang juga meningkatkan tekanan darah dan koleseterol.

3. Gangguan pada kaki.

Duduk dalam periode terlalu lama bisa membuat sirkulasi tubuh lambat, sehingga cairan menumpuk di kaki. Akibatnya kaki menjadi bengkak, varises, hingga penyakit berbahaya penyumbatan darah yang disebut deep vein thrombosis (DVT).

4. Masalah di otak.

Otot yang dipakai bergerak akan memompa darah segar dan oksigen ke seluruh otak sehingga fungsinya lebih optimal.

5. Gangguan di leher.

Jika waktu duduk Anda kebanyakan dihabiskan di meja kerja, kemungkinan besar leher Anda terlalu maju sehingga dalam jangka panjang merusak keseimbangannya. Selain leher, otot di sekitar bahu dan punggung juga akan terpengaruh.

Lazada Indonesia

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top