Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

7 Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat

Obesitas bisa menyebabkan penyakit ginjal karena ginjal harus bekerja keras untuk menyaring keluar toksin dan juga mengejar kebutuhan metabolisme akibat peningkatan indeks massa tubuh.

1. Hindari obat antinyeri
Banyak orang tak menyadari obat-obatan warung untuk menghilangkan nyeri bisa memiliki efek berbahaya, termasuk merusak ginjal. Selalu baca label obat, baik obat resep atau obat bebas untuk mengetahui risiko dan manfaatnya. Bila tidak terlalu perlu, hindari kebiasaan mengonsumsi obat antinyeri.

2. Makan pagi
Sarapan tidak mendapat reputasi sebagai waktu makan paling penting tanpa alasan yang kuat. Penelitian menunjukkan, kita tidak akan makan berlebihan sepanjang hari jika terbiasa sarapan dengan menu yang sehat.





3. Olahraga
Aktif secara fisik memiliki banyak manfaat, mulai dari menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekuatan otot, menurunkan lemak (Kolesterol dan trigliserida), dan meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian juga menyimpulkan pasien ginjal yang aktif bergerak memiliki hasil yang lebih baik dalam terapi dialisis (cuci darah) dan transplantasi.

4. Berhenti merokok
Dengan semakin banyaknya tempat yang sudah bebas rokok, ini bisa menjadi momen yang pas untuk berhenti merokok.

Merokok akan memperlambat aliran darah ke ginjal dan mengurangi efektivitas obat-obatan untuk mengatasi hipertensi. Berhenti merokok memang tidak mudah, tapi ini penting untuk melindungi ginjal Anda.

5. Buat daftar
Catatlah obat-obatan apa saja yang rutin Anda konsumsi, termasuk vitamin, suplemen, dan obat bebas. Terkadang obat dan suplemen bisa saling berinteraksi. Beritahu dokter obat yang Anda konsumsi tersebut jika Anda menjalani suatu pengobatan.

6. Kurangi waktu duduk
Kita duduk di sofa, meja kerja, menyetir kendaraan, dan juga makan. Dedikasikan tahun 2016 sebagai tahun dengan waktu duduk yang sedikit. Orang yang banyak duduk memiliki risiko sakit ginjal yang lebih tinggi.

7. Turunkan berat badan

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top