Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

5 Makanan yang Tinggi Probiotik

Salah satu makanan yang kaya probiotik adalah yoghurt dan kefir.

Tapi, tidak semua orang suka yoghurt dan kefir karena berbagai alasan. Jangan sampai ketidaksukaan itu menjauhkan Anda dari manfaat probiotik. Berikut lima pilihan makanan/minuman yang juga banyak mengandung probiotik.

1. Sayur fermentasi
Sauerkraut dan kimchi adalah dua contoh sayur fermentasi yang mengandung strain bakteri asam laktat. Keuntungan lain yang bisa Anda dapat dari sayur fermentasi adalah lebih tahan lama dibanding sayuran segar.




2. Teh Kombucha
Ini adalah teh fermentasi yang sarat akan bakteri baik. Kombucha termasuk teh hitam yang diketahui dapat meningkatkan energi dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Anda bisa menyajikannya panas maupun dingin.

3. Miso
Ini adalah jenis makanan berbasis kedelai yang difermentasi, kaya akan probiotik karena terbuat dari "starter" asam laktat.

Sebagian bakteri asam laktat bermanfaat untuk meningkatkan nilai nutrisi makanan, mengontrol infeksi pada usus, meningkatkan kelancaran digesti (pencernaan) laktosa, mengendalikan beberapa tipe kanker, dan mengendalikan tingkat serum Kolesterol dalam darah.

4. Tempe
Sama seperti miso, tempe juga berbasis kedelai yang difermentasi. Tempe juga mengandung Rhizopus oligosporus atau sejenis antiotik alami yang dapat memerangi beberapa jenis bakteri, di antaranya adalah bakteri penyebab pneuminia dan sepsis, staphylococcus aureuswhich.

5. Keju fermentasi
Gouda, cheddar, dan keju Swiss, terbuat dari bakteri asam laktat sehingga baik untuk dikonsumsi sebagai campuran roti gandum atau taburan salad.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top