Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

8 Cara Sehatkan Jantung

Tak perlu kaget jika lama kelamaan berat badan Anda terus bertambah. Ingat, obesitas dan perut buncit merupakan faktor risiko penyakit jantung karena kondisi itu mengganggu metabolisme.

Makanlah apa yang dibutuhkan tubuh, bukan untuk memuaskan nafsu makan semata.

Kebiasaan dan gaya hidup kita ternyata berpengaruh sangat besar kondisi jantung. Pola hidup seperti apa yang perlu kita lakukan untuk memastikan jantung terus berdetak dan lancar mengalirkan darah ke seluruh tubuh?

8 Cara Sehatkan Jantung

1. Sering Bergerak Aktif.


2. Ukur denyut nadi
Saat bangun tidur di pagi hari, jangan langsung memegang gadget, tapi cobalah cari nadi Anda lalu hitung denyut per menitnya. Pria yang sehat seharusnya memiliki denyut 70 bpm atau kurang. Jika denyutnya selalu tinggi dalam seminggu, periksakan ke dokter.

3. Hindari udara kotor
Menghirup udara yang penuh polutan bisa membuat arteri karotis menjadi kaku. Padahal, pembuluh darah yang sehat adalah yang lentur sehingga plak atau lemak tidak mudah menyumbat.





4. Turunkan Kolesterol
Penyebab Kolesterol meningkat adalah proses metabolisme atau asupannya yang salah. Salah satu cara menurunkan Kolesterol adalah menjaga tidak kegemukan, serta mengatur pola makan. Konsumsi makanan berserat dan juga ikan. Batasi asupan makanan manis karena dapat meningkatkan produksi Kolesterol dalam tubuh.

5. Aktif bergerak
Pilih olahraga yang yang Anda sukai dan lakukan secara rutin 30 menit setiap hari. Rutin berolahraga juga merupakan salah satu kunci menurunkan Kolesterol.

6. Rileks
Jangan biarkan pekerjaan Anda mempercepat datangnya kematian. Beban kerja yang tinggi hingga menyebabkan Anda burnout dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

7. Istirahat cukup
Dibandingkan dengan orang yang memiliki kualitas tidur baik, kelompok orang insomnia beresiko 45 persen lebih tinggi menderita serangan jantung. Tapi, jangan habiskan banyak waktu untuk tidur. Orang yang tidur 10 jam setiap malam juga beresiko besar sakit jantung.

8. Pantau porsi makan
Banyak orang makan asal kenyang, sehingga tidak peduli dengan porsi dan jenis makanannya.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top