Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Sejarah Terbentuknya Dinas Perhubungan

Surabaya adalah kotamadya yang terkenal di Jawa Timur karena kota ini adalah ibukotanya provinsi jawa timur. Pak Dhe Karwo yang memimpin provinsi Jawa Timur.

Berkat Pak Dhe Karwo, selalu saja ada inovasi baru untuk membangun Jawa Timur agar lebih unggul daripada provinsi yang lain. Didukung oleh walikota hebat, Ibu Risma yang merakyat.



Hati rasanya begitu terharu ketika Bu Risma ini terlihat sedang memberikan bingkisan kepada salah seorang ibu penyapu latar atau pasukan di kuning daerah Jemursari, Surabaya.
Berikut ini Sejarah dari terbentuknya Dinas Perhubungan di Indonesia.

Sejak jaman Pemerintahan Hindia Belanda, sektor transportasi khususnya lalu lintas jalan ditangani oleh DEPARTEMEN WEG VERKEER EN WATER STAAT. Sebagai aturan hukum dan pelaksanaannya tercantum dalam WEG VERKEER ORDONANTIE (WVO), Stat Blad Nomor : 86 Tahun 1933.

Pada Tahun 1942 s/d 1945 departemen yang mengatur lalu lintas, tidak berfungsi secara maksimal karena adanya perang kemerdekaan.

Pada tahun 1950, lembaga tersebut diaktifkan kembali dan berada pada DEPARTEMEN LALU LINTAS DAN PENGAIRAN NEGARA.




Pada tahun 1957, lahirlah Undang - undang Nomor : 1 Tahun 1957 tentang Pokok-pokok Pemerintahan di Daerah. Atas dasar tersebut terbentuklah DJAWATAN LALU LINTAS DJALAN (LLD) yang dilaksanakan di 10 Propinsi (Pulau Jawa dan Sumatera).

Pada Tahun 1958 terbit Peraturan Pemerintah Nomor : 16 Tahun 1958 yang mengatur tentang penyerahan sebagian urusan tugas bidang lalu lintas kepada Daerah Tingkat I.

*surabaya.go.id
Tag : Dinas
Back To Top