Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Salah Satu Mitos Bunga Kantil

Bunga kantil ini memiliki nama latin Michelia Alba

Bunga kantil atau sering juga disebut dengan bunga cempaka putih ternyata oleh beberapa adat memiliki unsur magis, terutama dalam tradisi masyarakat jawa.

Lihat saja dalam setiap ada acara pernikahan adat Jawa selalu ada bunga kantil untuk menghias rambut pengantin. Hal ini diberikan kepada keduanya, mempelai pria dan wanita.





Dan demikian pula halnya di tradisi Bali, bunga kantil juga dipakai sebagai pewangi rambut dengan cara menyelipkannya di sela-sela rambutnya.

Lalu sebenarnya untuk apa semua itu dilakukan?

Ternyata ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa bunga kantil ini mampu mendeteksi keperawanan sang pengantin. Konononya jika sang wanita sudah tak perawan lagi, maka bunga kantil tidak akan beraroma wangi lagi.
Bukan itu saja, bunga kantil yang dikenakannya tidak akan menguncup lagi dan akan terbuka.






Masih ada lagi, bunga kantil juga sering dikaitkan dengan makhluk halus. Konon orang yang percaya mistis, bunga kantil ini merupakan bunga yang disenangi makluk halus seperti jin dan sebagainya.

Selain digunakan dalam upacara pengantin, bunga kantil juga sebagai jembatan untuk memanggil makhluk halus. Dan biasanya digabung dengan sesaji.
Tag : Misteri
Back To Top