Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Kenapa Kucing Tidak Najis?

Diriwayatkan dari Ali bin Al-Hasan dari Anas yag menceritakan bahwa Nabi SAW pergi ke Bathhan suatu daerah di Madinah. Lalu, beliau berkata, “Ya Anas, tuangkan air wudhu untukku ke dalam bejana.”

Lalu, Anas menuangkan air. Ketika sudah selesai, Nabi menuju bejana, namun seekor kucing datang dan menjilati bejana. Melihat itu, Nabi menunda wudhunya sampai kucing tersebut berhenti minum. Nabi ditanya mengenai kejadian tersebut, beliau menjawab, “Ya Anas, kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.”



Dalam hadits tersebut Nabi SAW menerangkan bahwa kucing tidaklah najis, kucing juga binatang yang selalu menjaga kebersihannya. Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Selain itu kulit kucing memiliki berbagai macam otot yang dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.

Kucing dilengkapi dengan alat pembersih yang paling canggih, yaitu lidah dengan permukaan kasar dan dapat membuang bulu-bulu mati serta membersihkan bulu-bulu yang tersisa. Permukaan lidahnya tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing berbentuk gergaji. Benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji, bentuk ini sangat berguna untuk membersihkan kulit.

Kucing suka meminum susu, caranya menggunakan lidah dalam menjilatnya. Benjolan pada lidah kucing dipergunakan sebagai kantong kecil untuk membawa aliran susu ke mulut agar proses penelanan berlangsung sempurna. Selain itu, benjolan-benjolan tersebut menyebabkan cairan tidak kembali atau menetes.
Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboraturium di Rumah Sakit Hewan Baitharah bahwa jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing.

Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit. Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus , Sa’id Rafah menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bernama lysozyme. Kucing tidak menyukai air, karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk tumbuhnya bakteri, terlebih pada air yang tergenang.

sumber:
republika.co.id
Tag : Berita
Back To Top