Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro


5 Tanda Liver Anda Bermasalah

Liver adalah organ padat terbesar dalam tubuh manusia. Liver merupakan organ penting untuk menunjang sejumlah fungsi tubuh.

Untuk itu, perlu bagi Anda mengetahui tanda-tanda jika liver Anda bermasalah, seperti dilansir laman MSN.

1. Perubahan warna pada urin dan tinja

Gejala menguning atau ikterus juga mengubah warna urin dan tinja, membuat urine menjadi gelap dan tinja pucat.

2. Berubah kuning

Kulit Anda dan bagian putih mata Anda bisa menjadi kuning saat hati/liver Anda tidak berfungsi dengan benar, karena adanya penumpukan darah dengan zat kekuningan yang disebut bilirubin, menurut Perpustakaan Nasional AS.

Penyebab umum kerusakan hati semacam itu adalah hepatitis, kanker, minum terlalu banyak alkohol, penyalahgunaan ekstasi, paparan zat beracun dan berbagai infeksi.

3. Gatal

Mayo Clinic mencantumkan penyakit hati sebagai penyebab utama kulit gatal, serta gagal ginjal, masalah tiroid dan kanker. Rasa gatal ini biasanya memengaruhi seluruh tubuh.



4. Memar

Orang dengan kerusakan hati akan mudah mengalami memar atau berdarah karena hati mereka telah memperlambat atau menghentikan produksi protein yang diperlukan untuk pembekuan darah.

5. Pembengkakan

Bila hati tidak mampu melakukan tugasnya, orang mungkin mulai menahan air di perut dan kaki mereka yang menyebabkan pembengkakan, menurut Mayo Clinic.

sumber:
jpnn.com
Tag : Berita
Back To Top