Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro


Sate Taican Tinggi Kolesterol, Harus Dibatasi Konsumsinya

Siapa yang tidak familiar dengan jenis sate yang satu ini? Sate taichan menjadi sangat populer, terutama di kalangan anak muda, karena selain rasanya yang enak dan gurih, harganya pun sangat terjangkau.

Sate taichan merupakan potongan daging ayam, kulit, dan kadang terdapat lemak sapi yang dibakar lalu diberikan bumbu minyak, cabai, dan garam. Sate ini disajikan polos tanpa bumbu kecap maupun kacang, dan biasanya dinikmati bersama sambal super pedas dan lontong.

Walaupun kelihatannya kecil, sate taichan mengandung nilai kolesterol yang cukup besar. Pada lima tusuk sate yang dibakar tanpa menggunakan saus, terkandung sekitar 20 gram lemak jenuh, dan lemak jenuh ini sangat berkontribusi dalam peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Angka tersebut baru berasal dari dagingnya saja dan belum berasal dari kulit, lemak, serta minyak yang digunakan.



Pada tiap tusuk sate taichan, biasanya disisipkan lemak sebagai penyedap rasa. Sebanyak 10 gram lemak mengandung kolesterol sebesar sekitar 10 mg. Jika pada satu tusuk sate menggunakan 10 gram lemak dan Anda mengonsumsi 15 tusuk sate, maka kolesterol yang Anda konsumsi dalam sekali makan adalah sebesar 150 mg.

Perlu Anda ketahui bahwa batas konsumsi lemak per hari adalah 70 gram untuk wanita dan 90 gram untuk pria, dan hanya sepertiganya yang diperbolehkan mengandung lemak jenuh.

sumber:
jpnn.com
Tag : Berita

Back To Top