Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro


Inilah 3 Bahaya Asap Rokok Ibu Hamil

Asap rokok ini berbahaya bagi semua orang, baik yang merokok ataupun tidak merokok (perokok pasif). Karena itu, penting sekali bagi ibu hamil untuk menjauhi rokok dan asap rokok. Lalu, apa saja dampak asap rokok bagi ibu hamil dan janin?

Seperti telah dibahas sebelumnya, asap rokok mengandung 7.000 bahan kimia, mulai dari timbal, karbon monoksida, dan masih banyak zat berbahaya lainnya. Ketika dihirup oleh ibu hamil, zat-zat tersebut akan masuk ke dalam pembuluh darah.

Padahal, pembuluh darah adalah satu-satunya jalan bagi nutrisi dan oksigen yang penting untuk tumbuh kembang janin.

Saat nutrisi dan oksigen tidak bisa disalurkan dengan sempurna, maka dampak yang bisa didapat adalah:



1. Persalinan prematur atau belum cukup bulan.
Persalinan prematur ini akan memaksa organ yang belum waktunya bekerja untuk dapat berfungsi normal.

2. Berat badan lahir rendah karena kurangnya nutrisi.
Padahal nutrisi adalah salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang janin.

3. Kelahiran mati atau keguguran yang disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan janin.

Zat berbahaya di dalam rokok, seperti nikotin dan karbon monoksida, bekerja sama untuk mengurangi suplai oksigen ke janin dalam kandungan Anda.

Nikotin menghambat suplai oksigen dengan menyempitkan pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk yang ada di tali pusar. Hal ini tentu akan berbahaya bagi tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar menghindari rokok maupun asap rokok saat hamil. Jika seseorang merokok di dekat Anda, jangan sungkan meminta mereka untuk mematikan rokoknya dan katakan dengan baik bahwa Anda sedang hamil.

sumber:
jpnn.com
klikdokter.com
Tag : Berita

Back To Top