Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro


Arane Isi - Nama-Nama Isi dari Buah

Tiap buah pasti memiliki isi. Isi tersebut dinamakan oleh orang Jawa menurut dari orang-orang dahulu kala yang turun temurun sampai saat ini.

Ada sebanyak enambelas isi yang berhasil dihimpun oleh primbon dan kamus jawa. Diantaranya adalah isi dari buah nangka dinamakan dengan beton.



Berikut ini nama-nama isi dari beberapa buah yang ada.

1. Isi Asem diarani klungsu.
2. Cipir = botor.
3. Duren = pongge.
4. Jambe = jebug.
5. Kapas = wuku.
6. Kates = trempos.
7. Kluwek = pocung.
8. Kluwih = bethem.
9. Krambil = kenthos.
10. Mlinjo = klathak.
11. Nangka = beton.
12. pelem = pelok.
13. Randhu = klentheng.
14. Salak = kenthos.
15. Sawo = kecik.
16. Semangka = kuwaci.
Buah krambil dan salak memiliki isi yang sama namanya, yaitu kenthos. Serupa tapi tidaklah sama meskipun dari namanya sama, namun fisiknya berbeda.

Belum tentu semua orang jawa mengetahui nama-nama isi dari buah ini.Mungkin yang terkenal adalah isi dari pohon mangga yang bernama pelok serta isi dari buah semangka yang namanya kuwaci.

Kuwaci ini sangat gurih jika dijadikan cemilan. Bisa dibeli di toko-toko makanan dengan harga terjangkau. Namun perlu diperhatikan, sangat capek cara makannya karena harus mengupas satu persatu bijinya.
Tag : Kamus Jawa
3 Komentar untuk "Arane Isi - Nama-Nama Isi dari Buah"

Hahay baru tau nama buah semangka di jawa jadi kuwaci.. Lucu emang yaa belajar bahasa itu,, tidak membosankan dan tidak memusingkan

Kurang tau bahasa Jawa, jadi nggak banyak komentar, entar kalau banyak komentar berarti nggak sedikit, dan biasanya nggak sedikit, pasti itu banyak ckck

cipir itu apa e mas? duh agak sulit buat saya yang bukan orang jawa. cipir ? hehe

Back To Top