Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Silsilah dari Pandhawa Lima

Ini hanya cerita saja di pewayangan tanah JAWA. Silsilah dari keluarga Pandawa yang jumlahnya ada lima. Mereka terkenal karena kesaktiannya.

Selain sakti, mereka ini juga baik kepada manusia lainnya. Kalau boleh dibilang Pandawa Lima jumlahnya ini adalah pahlawan seperti Spiderman yang suka menolong.

Lain halnya dengan keluarga Kurawa yang jumlahnya 100 orang. Mereka memiliki perangai yang buruk dan tidak bisa dijadikan contoh untuk anak cucu kita.



Pada dasarnya, antara Pandawa dan Kurawa ini memiliki moyang yang sama. Mereka masih bersaudara. Tapi entah kenapa kedua grup ini selalu bertentangan.

Itulah yang dibuat oleh si empu cerita agar bisa dijadikan teladan sepanjang masa. Dulu di TVRI cerita wayang orang sering menampilkan keluarga-keluarga besar dari Pandawa dan Kurawa.

Tapi sekarang, wayang uwong serasa sirna tergerus oleh cerita-cerita dari luar negeri seperti spiderman, batman, flash dan sebagainya.

Silsilah dari PANDAWA adalah =

Bagawan Palasara kawin dengan Dewi Durgandini ---> Bagawan Abiyasa kawin dengan Dewi Ambalika ---> Pandhu Dewanata kawin dengan Dewi Kunti, lahirlah Puntadewa, Werkudara dan Janaka ---> Pandhu Dewanata kawin dengan Dewi Madrim, lahirlah Nakula dan Sadewa.

Dari keturunan Pandhu Dewanata inilah lahir orang-orang hebat yang jumlahnya ada lima dan pahlawan dalam pewayangan.

"Pendowo Limo"


1. Raden Puntadewa.
2. Raden Werkudara.
3. Raden Janaka.
4. Raden Nakula.
5. Raden Sadewa.

Itulah silsilah dari Pendowo.
Tag : Berita
Back To Top