Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro


Silsilah dari Pandhawa Lima

Ini hanya cerita saja di pewayangan tanah JAWA. Silsilah dari keluarga Pandawa yang jumlahnya ada lima. Mereka terkenal karena kesaktiannya.

Selain sakti, mereka ini juga baik kepada manusia lainnya. Kalau boleh dibilang Pandawa Lima jumlahnya ini adalah pahlawan seperti Spiderman yang suka menolong.

Lain halnya dengan keluarga Kurawa yang jumlahnya 100 orang. Mereka memiliki perangai yang buruk dan tidak bisa dijadikan contoh untuk anak cucu kita.



Pada dasarnya, antara Pandawa dan Kurawa ini memiliki moyang yang sama. Mereka masih bersaudara. Tapi entah kenapa kedua grup ini selalu bertentangan.

Itulah yang dibuat oleh si empu cerita agar bisa dijadikan teladan sepanjang masa. Dulu di TVRI cerita wayang orang sering menampilkan keluarga-keluarga besar dari Pandawa dan Kurawa.

Tapi sekarang, wayang uwong serasa sirna tergerus oleh cerita-cerita dari luar negeri seperti spiderman, batman, flash dan sebagainya.

Silsilah dari PANDAWA adalah =

Bagawan Palasara kawin dengan Dewi Durgandini ---> Bagawan Abiyasa kawin dengan Dewi Ambalika ---> Pandhu Dewanata kawin dengan Dewi Kunti, lahirlah Puntadewa, Werkudara dan Janaka ---> Pandhu Dewanata kawin dengan Dewi Madrim, lahirlah Nakula dan Sadewa.

Dari keturunan Pandhu Dewanata inilah lahir orang-orang hebat yang jumlahnya ada lima dan pahlawan dalam pewayangan.

"Pendowo Limo"


1. Raden Puntadewa.
2. Raden Werkudara.
3. Raden Janaka.
4. Raden Nakula.
5. Raden Sadewa.

Itulah silsilah dari Pendowo.
Tag : Berita
5 Komentar untuk "Silsilah dari Pandhawa Lima"

Konon ktaanya kalau cerita gada yang bertentangan pasti gak rame.. Mungkin itu alasannya pandhawa dan Kurawa sering bertentangan alias banyak masalah

Saya jadi ingat ada dalam pelajaran sekolah tentang pandawa lima ini
ya sekarang sudah semakin jarang tontonan di media seperti televisi maupun pertunjukan kesenian
mungkin tv RI masih ada ya seperti aku pernah nonton acaranya seminggu yang lalu kalau tak salah

Keren..
Hafal betul tokoh-tokoh pewayangan.

Janaka itu versi lain nama Arjuna bukan ya, mas ?.

Saya ngga ngikutin sih cerita mitologi seperti ini mas. Tapi informasinya makasih, jadinya udah ngerti soal pandawa limanya. Hehe. Dulu sih, cume sekilas ngikutin ceritanya di serial tv india. :D

Oh jadi gitu to, nggak asing sih sama nama pandawa 5 ini tapi baru tahu silsilahnya.

Back To Top