Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro


5 Nama / Jenenge Pala serta Contoh

Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi (wikipedia).

Kata pala ini jika digabungkan dengan kata lainnya maka maknanya akan berbeda. Contohnya adalah pala kependhem, yan berarti pohon yang memiliki woh yang terpendam di tanah.

Dalam bahasa Jawa, jenenge pala ini dibedakan menjadi 5 macam.

1. Pala gumantung.
woh-wohan sing gumandhuling wit sing umure cendhak.
Contoh: kates, gedhang.

2. Pala kependhem.
woh-wohan sing kependhem ing lemah.
contoh : tela, pohong, gembili, tales. uwi.

3. Pala kesimpar.
woh-wohan sing wite rumambat.
contoh : timun, waluh, semangka, besusu.

4. Pala kitri / kirna.
tetanduran ing pekarangan sing umure dawa.
contoh : jeruk, pelem, duren, klapa, nangka.
5. Palawija.
tetaneman kang tinandur ing tegal sak liyane pari.
contoh : jagung, kedele, wijen.

Itulah kelima jenis nama pala serta contohnya.
Tag : Kamus Jawa
5 Komentar untuk "5 Nama / Jenenge Pala serta Contoh"

Singkong itu termasuk pala kependhem kah, Mas?

Terima kasih sharingnya, Mas.
Jadi tahu nih saya..

nomer 2 Pala kependhem.
tumbuh tumbuhan yang biasa ditanam di area perkebunan seperti ketela, ketela ini makanan yang memiliki banyak karbohidrat kesukaan saya waktu masih kecil mas

Nggak ngerti bahasa Jawa cuman mencoba membaca aja hehe

Ealaaaah .. simbah buyutku tuh orang Jawa tulen, tapi akunya kok ngga paham banyak bahasa Jawa kromo begini .., malukuu .. ,eh .. malunyaaa aku ..
#SambilLari

Dari kelima diatas, aku cuman tau nomor 2 dan nomor 5.


Back To Top