Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro


Apa Tugas Babinsa itu

Babinsa kepanjangan dari Bintara Pembina Desa.

Sesuai dengan namanya, Babinsa tentu sudah pasti memiliki tugas untuk melakukan pembinaan terhadap desa. Babinsa ini sering disebut dengan mata dan telinganya angkatan darat.

Kok bisa begitu?
Karena dia merupakan ujung tombak yang mengetahui segala yang terjadi di lapangan khususnya di wilayah pedesaan yang dibina. Sekecil apapun peristiwa yang terjadi di desa, Babinsa harus mengetahuinya.

Termasuk juga tugas Babinsa adalah untuk menggali dan menyampaikan informasi kepada atasannya.

Sebagaimana diketahui, Babinsa ini memiliki kemampuan untuk melakukan pembinaan terhadap masyarakat guna mengetahui dan membaca sejak dini potensi konflik yang dapat timbul dan terjadi di wilayahnya seperti:

1. Mencegah masuknya paham komunisme, terorisme, anarkhisme.
2. Mencegah pengaruh narkoba.
3. Mencegah pergaulan bebas.

Babinsa sendiri keberadaanya harus bisa memberikan pengaruh baik demi menjaga kondusifitas wilayah mereka. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir ini Babinsa telah dilibatkan dalam membantu masyarakat untuk ikut dalam rangka meningkatkan produksi pangan, dan ini bukan merupakan tugas yang ringan.


sumber:
DANREM 084
Tag : Berita
5 Komentar untuk "Apa Tugas Babinsa itu"

tugas Babinsa tentu sangat berat semoga yang diamanahi bisa melaksanakan tugasnya dengan selamat dan lancar

Pertama kali mendengar 2 suku kata pertama sempet kaget kok ada babi2nya hehee.. ternyata babinsa itu merupakan salah satu pengertian dari tugas pembinaan desa yaa.. kayanya bahasanya baru kali ini saya denger kang

Tugasnya mulia juga yaa,, Baru tahu ada Bintara Pembina Desa,

Jadi tugas Bapinsa kompleks jg ya, ga hanya jd mata dan telingganya AD tapi juga ikut membantu mensejahterakan masyarakat yg dibina.
Trimakasih mas udh sharing.

Pekerjaan yang cukup berat dan tidak sembarang orang bisa melakukannya, semoga kersehatan bapak-bapak Babinsa yang bertugas menjaga keamanan akan selalu terjaga dengan baik.

- Anda Sopan Kami Segan -


Label

Berita (815) Islam (114) Kamus Jawa (409) Kesehatan (390)
Back To Top