Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

6 Masalah Jika Anda Malas Bergerak

Seseorang yang malas bergerak akan lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan pada ginjal.

Berikut enam hal yang terjadi pada tubuh, jika Anda malas bergerak seperti dikutip Boldsky.com.

6 Masalah Jika Anda Malas Bergerak

1. Gangguan tidur.

Bergerak aktif dapat melepaskan hormon yang membuat Anda tidur nyenyak di malam hari. Sebaliknya, jika tubuh tidak aktif, maka tidak ada energi yang digunakan tubuh. Akibatnya, Anda bisa terjaga sepanjang malam saat waktunya tidur.

2. Stres.

Ketika tidak bergerak aktif, seseorang ternyata lebih mudah stres. Stres bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit.

Para ahli mengatakan, tingkat stres akan lebih rendah ketika tubuh bergerak aktif, seperti olahraga. Sebab, olahraga akan melepaskan endorfin, yang membuat suasana hati lebih baik atau bahagia.




3. Metabolisme lambat.

Kecepatan metabolisme tubuh akan lambat jika Anda tidak bergerak aktif. Melambatnya metabolisme merupakan salah satu dampak paling buruk jika Anda malas bergerak.

Salah satu akibat lambatnya metabolisme, yaitu kegemukan atau obesitas yang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit.

4. Tekanan darah tinggi.

Seseorang yang malas bergerak akan lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi. Sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan pada ginjal.

5. Meningkatkan berat badan.

Masalah kegemukan atau obesitas sangat berkaitan dengan kurangnya aktivitas fisik. Malas bergerak membuat lemak dalam tubuh terus menumpuk sehingga meningkatkan berat badan. Jadi, bergerak aktif sangat penting untuk membakar kalori dari apa yang Anda konsumsi.

6. Tulang lemah.

Kebiasaan malas bergerak, lambat laun dapat membuat tulang Anda melemah . Malas bergerak atau tidak berolahraga bisa meluruhkan otot-otot di sekitar tulang. Anda akan berisiko menderita osteoporosis atau pengeroposan tulang lebih cepat.
Lazada Indonesia

Lazada Indonesia
sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top