Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

6 Hormon yang Mempengaruhi Berat Badan Anda

Xenoestrogen adalah senyawa kimia yang menyerupai estrogen. Xenoestrogen banyak ditemukan di produk-produk makanan dan produk lainnya seperti disinfektan, cairan dry cleaning, pestisida, obat-obatan tertentu, cling wrap (plastik tipis pembukus makanan) dan polystyrene.

Xenoestrogen dapat melekat di reseptor estrogen di dalam tubuh, lalu mengganggu keseimbangan hormon, menyebabkan kadar estrogen naik atau menjadi berlebihan.

Tetaplah berolahraga dengan teratur dan perbanyak sayur serta buah sebagai penangkal antioksidan dari lingkungan yang penuh polusi. Dengan cara ini, perlahan namun pasti, kadar estrogen Anda akan kembali seimbang.

Jika saat ini Anda sedang mengalami kenaikan berat badan, hormon yang manakah yang harus disalahkan? Bagaimana cara untuk menyeimbangkannya lagi? Simak penjelasannya di sini.




1. Kortisol

Saat stres atau dalam bahaya, kelenjar adrenal akan memroduksi hormon kortisol dan adrenalin, yang memungkinkan kita bergerak dan bertindak cepat.

Terlalu banyak stres dapat menyebabkan fluktuasi kedua hormon ini dan terlalu banyak hormon kortisol, akan menyebabkan gula darah diubah menjadi lemak. Inilah sebabnya mengapa banyak orang stres mengalami kenaikan berat badan.

Untuk menjaga hormon kortisol dan adrenalin tetap seimbang, ada baiknya Anda punya waktu luang untuk bersenang-senang. Manfaatkan cuti 12 hari dalam setahun yang Anda miliki. Pelajari teknik relaksasi, agar Anda bisa menenangkan diri di saat-saat mendadak ada masalah yang tidak terduga.

2. Tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon T3 dan T4 yang membantu mengatur metabolisme . Hipotiroidisme, atau dikenal sebagai tiroid yang kurang aktif adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon.

Hal ini dapat memperlambat metabolisme, sehingga tubuh Anda membakar kalori dengan lebih lambat. Kebanyakan kasus hipotiroid terjadi pada wanita.

3. Leptin

Ini adalah hormon yang memberi tahu otak ketika perut Anda sudah penuh. Jumlah leptin yang tepat, akan membuat nafsu makan Anda terkontrol.

Tapi jika terlalu banyak, akan mengurangi sensitivitas reseptor pada sel-sel Anda. Akibatnya, Anda makan lebih dari yang Anda butuhkan untuk karena otak tidak menerima sinyal kenyang dari hormon ini.

Mengurangi konsumsi gula akan membantu menjaga kadar leptin tetap seimbang.

4. Ghrelin

Hormon ini punya fungsi terbalik dari leptin. Ghrelin adalah hormon yang mengirim sinyal lapar ke otak. Terlalu banyak ghrelin akan memicu nafsu makan berlebih.

Kadar hormon ghrelin akan meningkat saat Anda kurang tidur. Karena itu, tidurlah 7-8 jam sehari jika usia Anda tergolong usia dewasa.

5. Glukagon dan insulin

Ada dua hormon yang bekerja bersama-sama untuk mengatur kadar gula darah Anda, glukagon dan insulin. Jika salah satu dari kedua hormon ini kadarnya naik, maka kadar yang satunya lagi akan turun.
Lazada Indonesia



Lazada Indonesia

Lazada Indonesia
6. Estrogen

Estrogen adalah salah satu hormon utama pada wanita, jumlahnya yang seimbang menjadi faktor penting untuk menjaga bobot tubuh tetap di batas normal.

Kelebihan estrogen akan memicu kenaikan berat badan. Salah satu penyebab naiknya kadar estrogen adalah paparan xenoestrogen yang berasal dari lingkungan di sekitar kita.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top