Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Pesan Paus Fransiskus Untuk Umat Islam Dunia

Pemimpin tertinggi umat Katolik di dunia, Paus Fransiskus menulis pesan khusus untuk seluruh Muslim di dunia yang ingin merayakan hari Idul Fitri. Dalam pesannya, Paus menyerukan pentingnya toleransi dan rasa saling menghargai antar umat Kristen dan Islam.


Di Indonesia, pesan Paus untuk umat Islam di dunia diterima oleh Sekretaris Eksekutif Kongres Wali Gereja Indonesia, Benny Susetyo untuk selanjutkan diteruskan kepada Republika. Benny menyatakan, pesan Paus ini ditulis sendiri oleh Paus pada Jum'at 2 Agustus 2013.

Biasanya, pesan ditulis pengurus Vatikan dan Paus hanya tinggal membacakan. "Tahun ini, tahun pertama Kepausan saya. Saya memutuskan untuk menulis pesan tradisional ini sendiri dan membacakannya pada kalian, kawan-kawan saya, sebagai bentuk penghargaan dan persahabatan untuk seluruh Muslim, terutama para pemuka agama," kata Paus sebagaimana disebutkan Benny kepada Republika, Sabtu (4/8).

Paus menyatakan, pesan yang ingin dia angkat adalah hal yang menjadi perhatuan umat Islam dan Kristiani yakni mempromosikan toleransi melalui pendidikan. Menurutnya toleransi mesti diterapkan semua orang dengan menghargai kehidupan, martabat, dan hak setiap manusia.

"Terkait pendidikan pemuda Muslim dan Kristen, kita harus bisa membuat mereka untuk berpikir dan berbicara dengan penuh hormat soal agama lain dan para pengikutnya, dan menghindari dari mengejek atau merendahkan keyakinan dan ibadah pemeluk agama lain," kata Paus.

Paus menyatakan dialog dan kerjasama umat beragama perlu terus ditingkatkan. "Kita perlu menekankan lagi pentingnya dialog dan kerja sama antara umat beragama, terutama Kristen dan Islam, dan perlunya kerja sama itu ditingkatkan," ujar Paus.

sumber:
Rol.
Republika.
Tag : Islam
Back To Top