Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Asal Usul Blok Tjipetir

Semua orang pada membicarakan mengenai sebuah kotak atau tablet Tjipetir, baca "Ci Petir". Sebenarnya darimana dia berasal dan siapa yang membuatnya. Ternyata dari Indonesia.

Selama 100 tahun terakhir, benda persegi bertuliskan ‘Tjipetir’ bertebaran di pantai-pantai Inggris dan Eropa bagian utara. Seorang warga Inggris mengaku baru memecahkan misteri dari mana benda itu berasal.

Misteri blok Tjipetir diungkap Tracey Williams. Pada musim panas 2012 lalu, Tracey Williams sedang berjalan di pantai dekat rumahnya di Cornwall, Inggris, ketika dia melihat benda persegi bertuliskan ‘Tjipetir’. Ketika disentuh, benda tersebut terasa kenyal seperti karet.
Williams kembali menemukan benda serupa di bagian pantai lain beberapa pekan kemudian.

Didorong rasa penasaran, dia pun membuat sebuah riset. Tulisan ‘Tjipetir’ ternyata berasal dari sebuah daerah dekat Sukabumi, Indonesia. Di sana, saat Belanda masih menjajah Indonesia, terdapat sebuah perkebunan karet yang menghasilkan blok-blok persegi.
Pada abad ke-19 dan pertengahan abad ke-20, blok-blok itu digunakan sebagai insulasi kabel telegraf yang melintang di dasar laut.

Temuan itu kemudian diunggah Williams di laman Facebook. Lambat laun banyak orang datang berkunjung ke laman itu dan melaporkan bahwa mereka menemukan blok Tjipetir.
Orang-orang itu tidak hanya tinggal di Inggris, tapi juga Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, dan Denmark.

Pabrik karet di Tjipetir, Sukabumi.

Kolonial Verlaag 1916 mencatat perkebunan karet Guttapercha-Onderneming te Tjipetir milik pemerintah Belanda, dan masuk Preanger Regentschappen-Java.

Semula Williams menduga tablet karet itu berasal dari Titanic. Ia memeriksa manifes Titanic, dan benar kapal mewah itu membawa bal karet dan getah perca. Temuan ini pula yang menimbulkan spekulasi liar pers.

Musim panas 2013, Williams terhubung dengan dua orang yang tak disebutkan namanya secara terpisah. Keduanya mengatakan tablet karet Tjipetir berasal dari kapal kargo Jepang yang karam selama Perang Dunia I.

Miyazaki Maru, kapal Jepang itu, karam di 150 mil sebelah barat Kepulauan Sisilia. "Ketika penyelamatan dilakukan tablet getah perca itu dilepas dari palka," ujar Williams.

Namun Williams bukan satu-satunya yang menyimpulkan tablet karet itu berasal dari Miyazaki Maru. Alison Kentuck, pejabat yang mengurusi kecelakaan dan penyelamatan perairan Inggris, juga mengatakan hal serupa.

Miyazaki Maru ditenggelamkan kapal selam Jerman U-88, dengan kapten Walther Schwieger. Kapal ini pula yang menenggelamkan RMS Lusitania, membuat AS marah dan terlibat dalam Perang Dunia I.

Curtis Ebbesmeyer, seorang pakar kelautan, mengatakan tablet karet Tjipetir diperkirakan masih akan mengotori laut selama bertahun-tahun. Ia akan terus muncul dari badan Miyazaki Maru dan mengapung sampai jauh.



Titanic

Asal blok ‘Tjipetir’ dan mengapa benda itu tersebar di Eropa memunculkan misteri.
“Sebuah surat kabar Prancis meliput kisah ini dan melaporkan bahwa Titanic membawa benda ini. Saya memeriksa manifes kapal Titanic dan menemukan bahwa memang kapal itu membawa benda karet. Spekulasi pun berkembang setelah berita ini tersiar,” kata Williams.

Blok Tjipetir berasal dari sebuah perkebunan karet di Sukabumi, Jawa Barat.
Namun, pada musim panas 2013, Williams menemukan sebuah terobosan. Dia dihubungi secara terpisah oleh dua orang, yang tidak ingin diungkap identitasnya. Keduanya merujuk sebuah kapal sebagai sumber blok Tjipetir, yaitu Miyazaki Maru.

Kapal asal Jepang itu ditenggelamkan kapal selam Jerman, U-88, yang dikomandani Kapten Walther Schwieger, pada 31 Mei 1917.

Akibatnya, Miyazaki Maru karam 241 kilometer sebelah barat Kepulauan Scilly, antara Inggris dan Prancis.

Fakta itu diamini Alison Kentuck, seorang pejabat Inggris yang menangani kapal karam di perairan Inggris. Menurutnya, blok-blok itu berasal dari Miyazaki Maru.

Williams, yang kini menulis buku mengenai blok Tjipetir, mengatakan sebagian besar blok dalam kondisi baik. Bahkan, ada nelayan yang memakainya untuk talenan.

sumber:
http://news.detik.com/read/2014/12/03/094206/2766106/934/teka-teki-kotak-tjipetir-di-eropa-terkuak-ternyata-berasal-dari-sukabumi
http://web.inilah.com/read/detail/2159274/misteri-tablet-karet-tjipetir-terpecahkan
Tag : Berita, Misteri
Back To Top