Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Langkah-Langkah Awal Bermain Adsense untuk Pemula

Langkah-langkah Awal bermain Adsense (Newbie Only & Gratis Only)

Notice: Ini hanya Argumen saya, bisa Anda terapkan ataupun tidak. Argumen ini berdasarkan apa yang saya pelajari dari forum Ads-id. Saya menerima cendolnya dan tidak menerima bata *salah fokus*
Oke langsung saja, berikut langkah-langkah nya:

1. Pilih dulu niche yg agan senangi. Saya sarankan dalam membuat blog, hanya 1 niche untuk 1 blog. Pilih niche yg sedikit kompetitornya (Low-Medium), cari avg.monthly searched nya diatas 2.000. Cara risetnya bisa di https://adwords.google.com/KeywordPlanner atau agan buka google.com terus ketikkan niche nya, lalu lihat jumlah result nya. Kemudian dalam menentukan keyword, Agan juga bisa lihat keyword2 yang digunakan oleh kompetitor2 agan nantinya. Saya rekomendasikan long tail keyword (keyword yg panjang, misal "Cancer health tips for women" dari niche Health,dll). (Silahkan Lihat penjelasan SS http://prntscr.com/4t7kda dibawah)

2. Tentukan nama sub-domain tipe EMD dan buat di blogspot.com. Kalo udah dapat niche, nama sub-domainnya harus mengandung keyword agan (EMD = Exact Match Domain / KOD = Keyword On Domain *CMIIW*). Misal niche yg sudah agan pilih : Gadget. Contohnya agan bisa buat nama sub-domain gadgetnews.blogspot.com, atau gadget-top-list.blogspot.com. Tujuannya? Ini adalah salah satu faktor dari SEO alias biar mudah di pejwan Google kalau Off Page agan masih lemah.

3. Tentukan Tema Template Agan. Mungkin untuk point ini, saya tidak memberi template mana yg cocok. Tapi yang pasti Template agan haruslah SEO, Fast Loading, dan Responsive. Untuk mengecek speed loading page, agan bisa kunjungi hxxp://gtmetrix.com. Banyak yang berpikiran template fast loading but super simple is the best, karena tujuannya menaikkan CTR (so pasti earning++) tetapi bagi saya ini hanya berumur sementara saja (walaupun masih ada yg awet). Lantas apa yang harus dipilih? Cobalah untuk membeli template yang responsive (desain bagus, support all device) sekaligus SEO, untuk beli saya tidak rekomendasikan template mana karena perlu pengetahuan untuk membedakan yang "fake" dan "beneran". Mungkin bisa coba template mas Sugeng sebagai permulaan.

3.1 Setting Meta Keyword, Meta Description. Nah agar robot mesin pencari dengan mudah mendeteksi blog Anda, silahkan ikuti langkah berikut:
    a). Ke Menu Edit Template (HTML),
    b). cari kode dibawah kode
lalu ganti 'Your Keywords Here' dengan keyword sesuai dengan niche Blog Anda (Ex: Niche Gadget, keywordnya bisa: Berita Gadget, Berita Gadget Terbaru, Gadget 2015)    c). lalu cari kode jika code template Anda seperti 'data:blog.metaDescription' berarti Anda tidak perlu mengisi secara manual karena itu sudah secara otomatis di deteksi.
Note: Ada beberapa template (modern) yang sudah secara otomatis mengisi keywords, description, dll. Dan ada juga yang manual.

*Pada statement ini, Blog Anda sudah selesai dibuat dan sudah memiliki custom template tetapi artikel masih kosong. Silahkan daftarkan Blog Agan di Google Webmaster,  Bing Webmaster, Yahoo Webmaster, lalu biarkan Blog Agan berumur dulu sekitar 2 minggu*

*Note sebelum menjalankan nomor 4: Sebelum membuat Artikel, sebaiknya Anda sudah mendapatkan keyword-keyword hasil riset low comptetition tujuannya agar artikel-artikel tersebut gampang masuk Page One.

4. Build artikel yg unique dan SEO, serta jangan Copas (minimal 400 kata). Yup point ini adalah salah satu dari point terpenting untuk menentukan banyaknya organic visitor yang mengunjungi Web agan nantinya. Remember Article is the King. Saat buat artikel, agar SEO perhatikan tata letak keyword nya, taruh keyword di awal artikel, tengah artikel, dan akhir artikel (Contoh: di Paragraf pertama keyword di awal paragraf, di paragraf kedua keywordnya di tengah paragraf, dst). Jangan copy-paste. Masukkan juga keyword nya ke dalam sub-heading/sub-judul yang di cetak tebal (bold). Dan juga pastikan harus ada minimal 1 gambar yang di dalam code nya diberi code alt="Keyword ente". Bingung mau mulai menulis darimana? Agan bisa kunjungi Article Directory seperti ezine,dkk. Dari Article Direktory tersebut, pilih category sesuai dengan niche blog Anda, lihat struktur artikel yang popular di kategori tsb, cari "benang merah" keywordnya kemudian tulis ulang menggunakan kata2 sendiri dengan dasar keyword yang Anda cari di artikel tsb. Remember : Jangan copas dari Article Directory. Nah dari artikel2 di Article Directory itu, agan bisa menulis ulang (rewrite) dengan keyword yang sama.
Atau menggunakan teknik abadi: Jalan-jalan ke Blog popular yang 1 niche dengan blog Anda. Lihat Popular Post nya, baca artikelnya, temukan keywordnya, lihat Tag nya. Kemudian tulis ulang dengan Title yang berbeda

*Pada statement ini, setelah melakukan posting blog, silahkan melakukan Ping link artikel agan ke penyedia Ping (contohnya pingomatic.com)*

5. Buat akun sosmed-sosmed nya. Kalau bisa semua sosmed gan, tetapi yang diwajibkan yaitu Facebook, Twitter, Google Plus, Tumblr, Pinterest (buat blog wallpaper), Digg, dll. Buat juga RSS feed di www.feedburner.com. Berguna untuk SEO Offpage.

6. Barulah membangun backlink (off page). Point ini juga merupakan point terpenting nomor 2 gan. Backlink is the Queen. Mengapa? Backlink ini nantinya akan mendongkrak reputasi agan (Kata expertnya itu menaikkan DA, PA, Tust Flow, Citation Flow,dkk) yang berguna membuat blog agan mudah masuk SERP Google. Bagaimana cara membuat backlink? Biarkan blog agan dan artikel agan berumur sekitar 2 minggu atau 1 bulan dulu biar terindeks. Nah dalam membuat backlink building ini, jangan sembarangan, algoritma google semakin terupdate gan, kalau salah teknik backlink nanti efeknya bisa hilang dari SERP google bahkan hilang. Cara amannya bagaimana? Rasanya saya sudah share deh triknya di grup ini.

7. Tetap tentu untuk posting artikel tiap minggunya, terserah agan mau berapa artikel per hari nya, intinya jangan terbengkalai.

8. Buat page Disclaimer, Privacy Policy, About Us, dan Contact Us. Di google banyak kok generator nya.



9. Kalau visitor sudah ada, artikel minimal 30 lah. Baru deh agan daftarkan website agan di www.google.com/adsense (Khusus Domain TLD setidaknya umur domain 1 bulan) atau di Menu Monetize di panel Blogspot (non TLD dan minimal umur blog harus 6 bulan). Lalu tunggu deh approved nya dari Google. Kalau agan mengikuti prosedur dengan benar dijamin mulus diterima oleh Google.

10. Kalau sudah di Approve google, pasang kode Ads nya ke website agan, terserah mau agan pasang dimana. Kalau saya lihat-lihat website PR tinggi, penempatan iklan mereka: 1 Dibawah / diatas judul artikel (pilih salah satu), 1 di sidebar kanan, 1 di Header.


11. Kalau sudah muncul iklannya, syukurlah, kalau belum ya ditunggu, bersabarlah. Kalau belum kunjung muncul, hubungi aja pihak Google di bagian support.

12. Ingat: Iklan agan jangan di klik sendiri, atau login pake komputer lain terus klik iklan agan! Resiko ke banned 30-80%. Google itu pintar gan. Kecuali agan lebih pintar wkwkwk.

13. Rajinlah untuk memelihara website agan, update posting, cek link website agan apakah ada broken link atau tidak. Build sitemap nya (biasanya ada langsung default). Promosi (pasang backlink) tapi yg natural.

14. Kalau penghasilan masih sedikit, tapi artikel sudah maknyos. Cek template website agan, buat bosan gak itu theme web nya, buat sakit mata gak . Atau point lainnya mungkin kompetitor utk niche agan sangat tinggi, cara mengatasi nya ya gencar2 lah link building (backlink).

Point-point yang harus dicamkan biar mulus diterima G.A:
1. Artikel TIDAK BOLEH COPAS, harus murni unique.
2. Perhatikan template website agan, harus SEO, page load speed nya cepat, responsive.
3. Banyak2 beribadah

Penjelasan SS http://prntscr.com/4t7kda:
1. Cek, agan mau visitor dari indo atau luar indo.
2. Cermati trafik visitor tiap bulan stabil atau naik atau turun.
3. Lumayan 2.400 yang nyari keyword itu tapi kompetisi low (saingan agan sedikit) query di google.com juga cuma 413,000.

FAQ:
Q : Point2 diatas sudah diterapkan, sudah di approved Google. Tapi earning ane kok tetap sedikit ya gan?
A : Utk masalah earning, berkaitan dgn Advertiser nya, si Advrtiser masang cpc nya brp tergantung dari niche nya. Semua balik ke niche nya gan

Q : Kok ane masih tetap gagal (ditolak Google Adsense) walau sudah mengikuti saran agan?
A : Gagal dibagian mana dulu gan? Ada beberapa faktor: Niche (mungkin banyak kompetitor yang sudah expert), Keyword (keyword2 di Artikel agan itu mungkin kompetitor nya ketat banget), Artikel (Gak SEO ya artikelnya?), Template (Mungkin lelet, atau tidak responsive), OffPage (Sudah di cap sebagai Spammy Backlink oleh Google ya?).

Q : Kalau saya ingin pake Domain TLD bisa gak gan?
A : Bisa banget gan, saya sarankan pake wordpress self host.

Q : Untuk hostingnya, ada yg bisa agan rekomendasikan?
A : Banyak gan, terserah agan mau pilih yang mana, salah satunya ini ada promo nih diskon harga, cek aja di http://bit.ly/promogigma

*Thread ini terinspirasi dari thread sebelumnya di https://www.facebook.com/groups/udinsengkotek/permalink/519451028190373
Kalau gak mau capek-capek, main AGC aja (Auto Generated Content) bayar sih modalnya tapi earning $$ nya otomatis, cek aja di bit.ly/agcninja


Information: Ebook-ebook dan Buku-buku di Gramedia yang membahas hal seperti ini rata-rata intisarinya seperti yang saya jelaskan tadi. Jadi tidak perlu beli buku gan apalagi ebook. Apa yang kurang? Segalanya ada di Ads.id, Google, WarriorForum.com.
Atau bahkan ada yang jualan ebook disini yang isinya dari forum-forum yang seharusnya dibagi gratis bahkan triknya sudah tidak berlaku untuk Algoritma Google.

Ribet? Pusing? Jadi PNS saja deh gan enak kerjaannya tapi gajinya monoton :p

sumber: https://www.facebook.com/groups/udinsengkotek/permalink/519451028190373
Tag : Duit
Back To Top