Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Kesaktian Keris Brajaguna

Keris Brajaguna ini adalah suatu keris yang sangat kuat yang mampu membelah baja sekalipun, apalagi besi, tiada tandingannya. Brajaguna sangatlah terkanal pada masa kerajaan Kartasaura hingga kerajaan Surakarta. Sebuah senjata yang menjadi andalan para prajurit kedua kerajaan tersebut.


Konon, keris Brajaguna ini dibuat oleh seorang empu yang bersala dari Pulau Madura, Jawa Timur. Bukan cuma senjata berjenis keris saja bisa dibuat oleh empu ini, namun juga mata tombak dan pedang dibuat dengan sangat kuat, tidak akan patah ketika dibenturkan ke pedang milik lawan.

Pelindung badan prajurit atau perisai, bisa ditembus oleh keris ini meskipun perisai terbuat dari baja sekalipun. Sungguh sangat hebat keris buatan empu madura ini.




Ciri Khas Keris Brajaguna.
Ciri-ciri yang paling menonjol dari keris Brajaguna ini adalah bilahnya yang agak panjang jika dibandingkan dengan keris-keris mataram lainnya. Namun kadar ketebalannya dua kali lipat daripada keris pada umumnya. Gambaran pamornya sungguh sangat rumit sekali, lembut dan merata di seluruh permukaan keris.

Demikian kehebatan dari keris Brajaguna, made orang Madura, Jawa Timur. Entah apa bahan untuk membuatnya kok bisa sekuat itu kerisnya, belum diketahui dengan pasti. Yang jelas, bukan dari bahan saja yang turut mempengaruhi, namun juga yoni yang dimasukkan ke dalam keris Brajaguna.

Tag : Sejarah
Back To Top