Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Olahraga Picu Jerawat, 5 Cara Atasi

Ternyata ada kaitannya antara olahraga dengan munculnya jerawat. Tapi jangan khawatir karena ada tips untuk mengatasi hal tersebut.

Yang pasti, kebugaran sebagai akibat berolahraga bisa berpengaruh pada metabolisme tubuh dan meredakan produksi sebaceous (kelenjar minyak) berlebihan. Sebab, produksi kelenjar minyak yang berlebihan bisa memicu munculnya jerawat.

Namun demikian, olahraga juga bisa memicu jerawat. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana untuk mencegah jerawat sial, seperti dilansir laman Health Me Up, Minggu (5/7).

1. Secepatnya mandi setelah berolahraga
Segeralah mandi setelah berolahraga karena pakaian olahraga menjebak keringat pada kulit dan menyumbat pori-pori.

2. Secepatnya cuci wajah ssetelah berolahraga
Begitu selesai berolahraga, sebaiknya cucilah wajah dengan air dingin. Keringat cenderung menarik bakteri yang menyebabkan jerawat. Karenanya dengan mencuci wajah maka keringat dan bakteri penyebab jerawat hilang.

3. Jangan menyentuh wajah
Tidak bisa dipungkiri bahwa tangan sering melakukan kontak dengan beberapa bakteri dan kuman dan kita tidak bisa mencegah hal itu. Apa yang bisa kita lakukan adalah menghindar kan tangan menyentuh wajah sendiri.

4. Bersihkan peralatan olahraga
Rajinlah membersihkan bagian peralatan olahraga dengan tisu antibakteri sebelum menggunakannya. Sebab, bakteri bisa berkembang biak.

5. Pakailah pakaian katun longgar ketika berolahraga
Coba kenakan pakaian katun ketika berolahraga karena kapas adalah kain alami yang mencegah penumpukan keringat.

sumber: jpnn.com
Tag : Kesehatan
Back To Top