Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

6 Cara Mencegah Demam Berdarah Penyakit Mematikan

Penyakit demam berdarah ini sangat mengerikan. Bahkan dahulu sekali ada teman saya yang meninggal gara-gara diserang penyakit mematikan ini. Dari lubang hidung keluar darah, juga dari mulut.

Cara terbaik agar tidak sakit demam berdarah adalah dengan menghindari gigitan nyamuk.

Setelah sembuh dari demam berdarah, Anda memiliki kekebalan terhadap virus yang menginfeksi Anda, tetapi tidak berlaku untuk tiga virus demam berdarah lainnya.

Risiko terkena demam berdarah yang parah, juga dikenal sebagai demam berdarah dengue, akan semakin meningkat jika Anda terinfeksi untuk kedua, ketiga atau keempat kalinya.

Para peneliti masih mencari vaksin terbaik untuk mencegah demam berdarah. Jadi, untuk saat ini Anda bisa melakukan 6 cara berikut untuk pencegahan:

1. Gunakan AC, jaring pada jendela maupun pintu masuk, serta kelambu. Ini sangat penting untuk menjaga nyamuk masuk ke ruangan.

2. Jika Anda tinggal atau bepergian di daerah di mana demam berdarah dikenal atau sedang mewabah, cara terbaik untuk menghindari demam berdarah adalah dengan menghindari gigitan nyamuk.

3. Menjadwal ulang kegiatan di luar ruangan. Hindari berada di luar ruangan pada waktu subuh, sore, dan senja, ketika nyamuk lebih banyak keluar.

4. Memakai pakaian yang bisa melindungi kulit. Terlebih ketika Anda pergi ke daerah-daerah penuh nyamuk, seperti mengenakan kemeja lengan panjang, celana panjang, kaus kaki dan sepatu.

5. Gunakan obat nyamuk, baik yang disemprot pada ruangan atau dioleskan pada kulit. Untuk kulit Anda, gunakan penolak nyamuk yang mengandung setidaknya konsentrasi 10 persen DEET. Namun hindari penggunaan pada bayi atau anak yang kurang dari 3 tahun.

6. Mengurangi habitat nyamuk. Nyamuk yang membawa virus dengue biasanya tinggal di dalam dan sekitar rumah, berkembang biak di air yang tergenang. Mengurangi habitat tempat berkembang biaknya nyamuk bisa menurunkan populasi nyamuk.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top