Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Obyek Pariwisata Gunung Kelud Dibuka Kembali

Meskipun belum dinyatakan sepenuhnya aman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, Jawa Timur resmi membuka wisata alam Gunung Kelud, Sabtu (08/3/2014) kemarin. Pemkab mengimbau, para wisatawan tidak nekat menerobos kawasan steril 3 kilometer (km) dari kawah.

"Pembukaan wisata Gunung Kelud ini untuk memenuhi keinginan warga dari berbagai daerah untuk melihat kondisi Gunung Kelud paska erupsi," ujar Wakil Bupati Kediri Masykuri Ikhsan.


Tentunya, kata Masykuri, pembukaan tersebut atas dasar rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan kawasan radius aman diluar 3 km. Tetapi karena Kelud belum sepenuhnya aman, penarikan tiket tidak serta merta untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi untuk asuransi.

"Tiket yang kita tarik untuk asuransi wisatawan, jika terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Oleh karena itu, kita menghimbau kepada wisatawan agar tetap berhati-hati saat berada di lokasi wisata, khususnya saat turun hujan," himbau Masykuri.

Pemkab Kediri menutup kawasan wisata Gunung Kelud untuk umum, sejak statusnya ditingkatkan dari aktif normal ke waspada (level -II). Kelud kemudian erupsi pada Kamis 13 Februari 2014 lalu.

Sesuai dengan rekomendasi PVMBG, sampai saat ini status Kelud masih bertahan pada level -I atau waspada. Hal ini sesuai dengan aktifitas Kelud yang mengalami penurunan, paska erupsi. Pada level ini, PVMBG merekomendasi kawasan steril pada radius 3 km dari kawah.

Mumpung libur, Monggo yang berminat ke Gunung Kelud untuk yang penasaran atau sekedar foto-foto dan upload fotonya disini, namun tetap hati-hati dan waspada Nda ...

sumber:
(Beritajatim)
Tag : Berita
Back To Top