Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Ilmu tidak barokah

Kaget bercampur sendiri kala seorang teman yang dulunya baik tiba-tiba saja bilang ke aku kalau ilmu yang aku miliki tidak barokah.

"ilmumu iku gak barokah," kata temanku setelah ada selisih pendapat sebelumnya.
"HAAA..," kataku dengan kaget.

Apa temanku itu Tuhan atau apa kok bicara barokah tidaknya suatu amal.

Huuh...sempat sumpek juga mendengarnya.
Apa dia itu ilmunya sudah barokah?
Ya mana aku tahu, semua juga tak tahu kecuali Tuhan saja yang tahu diterima atau tidak ilmu yang kita berikan ke orang lain.

Padahal aku sendiri kalau ada yang ditanya tentang kesulitan perbaikan dan sebagainya juga aku jawab sebisa mungkin kok.
Tidak pelit seperti kata temanku itu.

Atau mungkin sebaliknya dia sendiri ya?
Wallahu A'lam.

Sudahlah kawanku, jangan bicara barokah tidaknya ilmu lagi, apalagi jangan diucapkan lagi ke orang lain.
Bukan dirimu yang menilai bos.
Back To Top