Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

9 Fakta Unik dan Menarik Seputar Jatuh Cinta

Setiap orang tentu pernah mengalami jatuh cinta.

Tidak hanya mempengaruhi perasaan, jatuh cinta juga mempengaruhi beberapa aktivitas di dalam tubuh.


Berikut 9 pengaruh aneh yang tidak disadari terjadi pada tubuh seseorang jika sedang jatuh cinta:


1. Tidak bisa berpikir dan fokus

Beberapa kali dikatakan bahwa cinta membuat seseorang menjadi bodoh. Hal ini mungkin ada benarnya karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sedang jatuh cinta kurang mampu untuk fokus dan sulit melakukan tugas-tugas yang membutuhkan perhatian lebih.

"Ketika anda baru saja terlibat dalam hubungan romantis, anda mungkin akan merasa lebih sulit untuk fokus pada hal-hal lain. Sebab anda menghabiskan sebagian besar sumber daya kognitif untuk memikirkan kondisi kekasih anda," kata asisten profesor di Leiden University, Belanda Dr Henk van Steenbergen, seperti dilansir laman Huffington Post, Senin (17/2).

2. Terlalu gembira dan melayang

Melalui scan MRI para peneliti membuktikan bahwa perasaan melayang pada seseorang yang sedang jatuh cinta benar adanya. Hal ini terjadi karena sistem saraf di otak yang berhubungan dengan kesenangan menjadi aktif, sehingga muncul perasaan euforia atau senang yang berlebihan.

3. Lebih kuat terhadap rasa sakit

Ternyata bahwa beberapa wilayah di otak yang diaktifkan oleh perasaan cinta sama dengan wilayah yang biasa digunakan obat untuk mengurangi rasa sakit.

Bahkan faktanya, berpegangan tangan dengan orang yang anda cintai saja sudah memberi pengaruh terhadap ketahanan anda terhadap rasa sakit.

4. Berjalan lebih lambat

Para peneliti telah menemukan bahwa para pria melambatkan kecepatan berjalan mereka agar setara dengan kecepatan berjalan pasangannya. Hal ini bisa dibilang unik karena tidak terjadi jika mereka sedang berjalan dengan seseorang yang dianggap sebagai teman biasa.

5. Detak jantung melambat

Meskipun terdengar aneh, namun rupanya jatuh cinta juga memberikan efek terhadap detak jantung seseorang. Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika sedang bersama dengan orang yang anda cintai, tanpa sadar jantung anda akan berdetak sama cepatnya dengan pasangan anda.

6. Nada suara lebih melengking

Wanita cenderung bersuara lebih tinggi dan melengking jika sedang berbicara dengan pria yang mereka anggap menarik. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang sedang jatuh cinta kadang-kadang mencoba meniru atau mencocokkan nada suara pasangan mereka sebagai cara untuk berkomunikasi.

7. Menutup mata dan menjadi buta

Beberapa studi menunjukkan bahwa pria yang sedang berkomitmen terhadap suatu hubungan akan benar-benar memalingkan muka terhadap wanita lainnya. Begitu juga sebaliknya. Hal ini dilakukan oleh orang-orang yang sedang jatuh cinta tanpa mereka sadari. Oleh para ilmuwan, hal ini disebut sebagai unconscious attentional bias.

8. Menjadi lebih berani

Studi perilaku yang dilakukan terhadap pria dan wanita menunjukkan bahwa pria menjadi lebih bersedia untuk mengambil risiko apapun untuk melindungi pasangannya.

9. Pupil mata melebar

Studi menunjukkan bahwa pelebaran pupil pada mata memiliki hubungan dengan adanya kondisi emosional intens pada tubuh, salah satunya ketika seseorang sedang jatuh cinta.

sumber:
jpnn.com
Tag : Cinta
Back To Top