Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

5 Macam Sakit Kepala yang Perlu Diketahui

Stres, hormon dan beberapa makanan dapat memicu serangan, sehingga membuat jurnal untuk mengetahui pola serangan menjadi sangat penting.

Untuk menghilangkan rasa sakit, sering digunakan obat parasetamol. Ada juga obat anti-migrain tertentu untuk mencegah atau meminimalkan serangan. Kebanyakan penderita dapat meredakan sakit kepalanya dengan tidur di ruangan yang tenang dan gelap.

5 Macam Sakit Kepala


1. Migrain

Ditandai dengan nyeri berdenyut pada satu sisi kepala Anda, sering disertai dengan muntah, kilatan cahaya dan mati rasa. Gejala dapat bertahan hingga 72 jam.

2. Sakit kepala karena tegang

Ini adalah jenis sakit kepala yang paling umum. Rasa sakit, yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu, sering digambarkan seperti kepala sedang ditimpa benda berat dan cenderung terjadi secara konstan. Sakit kepala ini tidak disertai muntah atau keengganan untuk melihat cahaya terang.




Sakit kepala karena tegang dapat disebabkan oleh stres, kebisingan, asap, dehidrasi dan terlalu lama melihat layar TV atau komputer. Sakit kepala jenis ini tidak berbahaya.

Dalam banyak kasus, obat-obatan yang tersedia di apotek dan istirahat akan membantu Anda mengelola rasa sakit.

3. Sakit kepala sinusitis

Mudah didiagnosis, karena sakit kepala ini berhubungan dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas atau flu yang disertai dengan demam, hidung tersumbat di sekitar sinus, di bagian atas hidung dan sekitar mata.

Inhalasi uap panas atau dekongestan dapat membantu meredakan gejalanya, tapi kadang-kadang antibiotik diperlukan untuk mengatasi infeksi. Jika sakit kepala Anda berlangsung selama lebih dari beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter Anda.

4. Sakit kepala sebelah

Namun bukan migrain. Cenderung dialami pria, biasanya dimulai pada awal 30-an dan menghilang setelah usia 35, dan lebih sering terjadi pada perokok berat.

Gejala biasanya berlangsung antara 30 dan 90 menit ditandai dengan rasa sakit yang hebat di sekitar satu sisi mata. Gejala lain adalah kelebihan produksi air mata dan hidung tersumbat di sisi kepala yang sakit, atau kadang disertai muntah.

Obat penghilang rasa sakit untuk migrain cenderung dapat membantu walau hanya sedikit. Lithium karbonat dapat digunakan dalam kasus yang parah, tetapi memiliki efek samping yang merugikan, sehingga penggunaannya harus diawasi ketat oleh dokter.

5. Trigeminal neuralgia

Diduga disebabkan oleh kerusakan saraf trigeminal, saraf sensorik utama pada wajah. Penyebabnya antara lain adalah infeksi seperti herpes zoster dan multiple sclerosis. Rasa sakit sering datang tiba-tiba dan parah.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top