Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Penyebab Anak Sulit Makan Nasi

Bagi anak usia 8 tahun alangkah baiknya jika dikenalkan dan dibiasakan untuk mengkonsumsi aneka bahan makanan sumber karbohidrat, sehingga tidak timbul “fanatik” hanya pada 1-2 bahan makanan sumber saja seperti yang Wulan alami, dimana anak hanya mau makan mie atau roti.





Ada banyak sekali bahan makanan sumber karbohidrat yang dapat digunakan bagi anak usia 8 tahun seperti : bihun, bubur beras, biskuit, havermout, kentang, krakers, makaroni, pasta, mie, roti, singkong, tepung sagu, tepung hunkwe, tepung singkong, tepung terigu, tepung maizena, tepung beras, talas maupun ubi.

Yang penting adalah bagaimana Wulan mengolah bahan makanan tersebut, sehingga menarik dan membuat anak ingin mencobanya, misalnya tepung bisa dibuat dalam bentuk kue, aneka snack, dll.

Buah dan sayur juga mengandung karbohidrat, namun dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding yang saya sebutkan di atas, sehingga buah dan sayur juga dapat digunakan sebagai tambahan untuk kecukupan karbohidratnya.

Secara keseluruhan, dalam mengatur kebutuhan nutrisi anak, agar mendapatkan berat badan yang sesuai, janganlah hanya terfokus pada kebutuhan karbohidrat saja, namun harus diperhatikan juga keseimbangan zat gizi lainnya seperti protein (ikan, telur, daging, tahu, tempe, kacang-kacangan), lemak, vitamin, mineral dan serat (banyak dalam sayur dan buah)

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top