Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

6 Aturan Debat Dengan Pasangan

Jika perdebatan terus terjadi karena masalah yang sama, cobalah bertanya pada diri sendiri, apakah perdebatan tersebut akan mengubah sesuatu, memberi keuntungan pada hubunganAnda, atau justru terus menjadi konflik dan tak ada penyelesaiannya.

Jika jawabannya yang terakhir, mengalahlah demi pernikahan Anda.

6 Aturan Debat Dengan Pasangan

1. Berikan pertanyaan

Coba cari tahu mengapa suatu hal yang diperdebatkan oleh pasangan Anda begitu penting baginya. Dengan bertanya, secara tidak langsung dapat menunjukkan bahwa Anda peduli akan kebutuhan pasangan dan jawaban pasangan dapat menjadi pertimbangan saat Anda menawarkan solusi.

2. Mulai pembicaraan dengan perlahan

Para peneliti menemukan bahwa munculnya konflik dapat ditentukan lewat tiga menit awal perdebatan. Sarannya, gunakan kalimat dan intonasi suara yang halus, jangan bernada menyalahkan atau bahkan menyerang pasangan.

3. Katakan yang Anda maksud

Lebih baik mengatakan langsung yang Anda maksud daripada meminta pasangan Anda membaca pikiran Anda. Hal tersebut justru dapat menimbulkan kesalahpahaman dan frustasi.

4. Memilih kalimat

Sangat mudah mengatakan apa yang Anda inginkan dan tak inginkan kepada orang lain, yang sulit justru menjaga perasaan orang lain tersebut. Cobalah untuk memilih setiap kalimat yang Anda lontarkan dengan seksama.

5. Jadilah orang yang positif

Alih-alih menjadi seseorang yang emosi dan bersikap negatif, tetaplah berpikir jernih dan coba lakukan empat hal diatas agar perdebatan tak memanas dan menimbulkan konflik.

6. Mengalah

Bersadarkan penelitian yang dilakukan seputar pernikahan, sebanyak 69 persen konfilk pada pernikahan, pada faktanya memang tak dapat dihindari. Ini terjadi karena adanya perbedaan kepribadian antar pasangan.

sumber kompas.com
Tag : Berita
Back To Top