Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

6 Tanda Wanita dalam Masa Subur

Seorang wanita juga lebih mampu mendeteksi bahaya yang mengancam diri dan keturunan.

Sebuah studi awal pada 2012 di Kyoto University menemukan wanita di fase luteal dari siklusnya (yang dimulai dengan ovulasi) lebih mampu menemukan ular yang tersembunyi dalam foto bunga-bungaan.

6 Tanda Wanita dalam Masa Subur

1. Wajah terlihat sedikit lebih merah.

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal PLoS One menemukan wajah wanita menjadi sedikit kemerahan di hari-hari menuju dan selama

2. ovulasi.

Hal ini masuk akal, kata Dr. Gnatuk, karena hormon memengaruhi aliran darah ke seluruh tubuh. Kadar estrogen yang lebih tinggi selama ovulasi dapat menyebabkan pembuluh darah melebar. Ketika pembuluh melebar di dekat kulit, perempuan jadi terlihat memiliki kulit lebih bersinar.

3. Merasa lebih riang.

Masuk akal bahwa libido seorang wanita naik selama masa subur. Tetapi wanita yang berovulasi tidak secara sadar berpikir lebih soal seks. Menurut studi pada 2010 di jurnal Consumer Research, selama masa ovulasi wanita tanpa sadar membeli dan memakai baju lebih seksi.

4. Tertarik pada satu jenis pria.

Wanita tak hanya sedang "mood" selama ovulasi tetapi juga lebih tertarik pada sejenis pria dibandingkan yang lain. Studi menemukan wanita cenderung memilih dan memperhatikan pria menarik selama masa subur, khususnya jika pasangan yang ada saat ini kurang punya ciri wajah pria seperti bentuk rahang kotak.

5. Indera jadi lebih sensitif.

Wanita subur cenderung lebih mampu mendeteksi bau-bauan dan hormon feromon pria dibandingkan mereka yang minum kontrasepsi oral pencegah ovulasi. Demikian menurut studi kecil dari 2013 di jurnal Hormone and Behaviour. Studi lain dari tahun yang sama menemukan wanita memiliki rasa penciuman yang lebih baik secara umum selama masa ovulasi.

6. Menghindari kerabat pria.

Menurut studi UCLA pada 2010, wanita menghindari bicara dengan ayahnya di telepon selama masa paling subur dalam sebulan. Peneliti berspekulasi secara historis, demi kepentingan wanita dan keturunannya, mereka lebih baik menghindari kerabat pria dari kemungkinan inces.

sumber kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top