Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

10 Penyebab Tidak Bisa Tidur Lelap

Suasana kamar yang tidak berantakan akan menyebabkan Anda merasa lelah.

Sebuah studi dari Neuroscience Institute Princeton University menemukan, bahwa suasana lingkungan yang tidak bersih dan tidak terorganisir dengan baik dapat memunculkan energi negatif dan menyebabkan mental Anda menjadi stres, yang akhirnya meningkatkan level kelelahan Anda.

Inilah hal-hal di dalam rumah yang berefek negatif pada waktu istirahat dan membuat Anda kerap mengantuk sepanjang hari:

1. Dinding berwarna biru
Sebuah studi oleh jaringan hotel Travelodge yang mengevaluasi warna kamar tidur di 2.000 rumah, menemukan bahwa dinding berwarna biru akan memperlambat detak jantung dan mengurangi tekanan darah, sehingga membuat Anda merasa mengantuk.

Warna biru tidak dianjurkan untuk digunakan di dalam rumah, baik itu kamar tidur maupun ruangan lain di rumah Anda.

2. Suasana kamar





3. TV
Televisi, komputer dan tablet memancarkan gelombang biru yang menghalangi otak memroduksi melatonin (senyawa kimia yang membuat Anda merasa lelah dan membantu Anda tertidur).

Menonton TV atau menatap layar komputer dan tablet sebelum waktu tidur dapat membuat Anda terjaga lebih lama. Alhasil, waktu tidur berkurang dan ini menyebabkan Anda merasa lelah di hari berikutnya.

4. Mesin pembuat kopi
Meskipun gadget yang satu ini sangat berguna di pagi hari, tapi jika digunakan pada sore atau malam, bisa menjadi alasan Anda menunda memejamkan mata, saat sudah seharusnya Anda terlelap.

Kafein adalah stimulan yang dapat meningkatkan level energi Anda. Namun, tidak semua orang menjadi terjaga karena minum kafein. Ada orang yang secara genetik justru mengantuk setelah meminum kopi.

5. Isi mini bar
Red wine di dalam mini bar Anda memang bisa membuat Anda mengantuk setelah meminumnya. Tapi, kualitias tidur Anda tidak akan sempurna.

Sepanjang tidur, Anda akan merasa gelisah dan mungkin jadi sering terbangun. Hal ini membuat Anda bangun dengan lelah keesokan paginya dan akan memengaruhi fisik dan mental Anda sepanjang hari.

6. Aromaterapi
Aromaterapi lavender dapat membuat Anda merasa super santai, tapi juga bisa membuat Anda lelah. Psikolog di Universitas Wesleyan menemukan bahwa orang yang mengendus aroma lavender sebelum tidur, akan terlelap dengan sangat nyenyak. Tapi, jika aroma ini dipasang sepanjang hari, Anda malah akan mengantuk juga sepanjang hari.

7. Junk food favorit Anda
Makanan yang sarat dengan karbohidrat sederhana seperti keripik kentang akan membuat kadar gula melonjak dengan cepat dan turun dengan cepat juga. Fluktuasi yang cepat ini membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk.

8. Pengatur suhu ruangan
Sebuah studi menemukan, bahwa suhu optimal untuk tidur yang paling pas adalah sekitar 22 derajat C. Suhu udara yang dingin atau sejuk akan membuat Anda mengantuk. Jadi, naikkan suhu udara di dalam rumah jika Anda tak ingin mata terasa berat selama pagi hingga sore hari.

9. Telepon Seluler
Gadget ini membuat banyak orang kecanduan. Sebuah studi oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa 20 persen orang berusia 19-29 kerap terbangun oleh panggilan masuk, SMS, atau email setidaknya beberapa kali setiap malam.

Tentu, ini membuat tidur jadi terganggu. Belum lagi sifat candunya yang membuat orang terus memainkannya walau waktu tidur sudah tiba.

10. Gorden Anda selalu tertutup
Satu studi tentang pekerja kantoran yang bekerja dengan jendela terbuka menemukan, bahwa orang yang terpapar cahaya matahari sepanjang hari, rata-rata tidur 46 menit lebih banyak setiap malam.

Hal yang sama berlaku untuk rumah Anda, cahaya matahari akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari dan merasa lebih segar saat bangun dan beraktivitas.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top