Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

5 Penyebab Anemia

Seringkali anemia terjadi karena kurangnya mengonsumsi makanan kaya sumber zat ebsi. Apalagi, sebagain besar bahan makanan masyarakat Indonesia berasal dari nabati. Padahal, zat besi dari nabati sulit diserp oleh tubuh.

Menurut DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK, selain karena defisiensi zat besi, ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan seseorang berisiko anemia:

1. Rendahnya asupan zat gizi yang penting untuk pembentukan hemoglobin/Hb, seperti zat besi, asam folat, vitamin B12, dan protein yang bisa mengakibatkan kadar Hb rendah.




2. Perdarahan. Misalnya, infeksi usus karena cacingan, trauma, atau luka.

3. Malaria. Di mana terjadi pecah sel darah merah/eritrosit.

4. Penderita infeksi kronis: TBC, HIV/AIDS dan keganasan, seperti kekurangan zat gizi dan juga karena perdarahhan.

5. Penderita thalasemia. Adanya kelainan darah secara genetik yang menyebabkan anemia, karena sel darah merah cepat pecah, sehingga mengakibatkan akumulasi zat besi dalam tubuh.

Makanan terbaik sumber zat besi bisa didapatkan dari bahan makanan hewani, seperti daging sapi, daging kambing, ayam, bebek, dan ikan.

Sedangkan, dari bahan makan nabati bisa didapatkan dari sayuran berwarna hijau tua, seperti bayam, daun singkong, atau kangkung. Namun, tingkat penyerapan zat besinya lebih rendah ketimbang sumber makanan hewani.
Tag : Kesehatan
Back To Top