Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro


Hati-Hati Darah Tinggi dan Diabetes - Sebabkan Penyak Ginjal

Melihat fungsi ginjal yang sangat vital, yakni menyaring produk sisa keluar dari darah dengan baik, setiap kerusakan pada organ tubuh yang satu ini bisa berdampak serius.

Penurunan fungsi ginjal, baik yang akut (terjadi tiba-tiba) atau pun yang kronis (penurunan fungsi secara perlahan), bisa terjadi pada siapa saja, tidak mengenal gender mau pun usia.



Dari bayi, anak-anak, orang dewasa, atau usia lanjut dapat terkena penyakit ini. Tapi khusus untuk penyakit ginjal kronik lebih banyak mengenai orang dewasa dan lanjut usia.

Ia menjelaskan, penyakit ginjal kronis biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Namun dibutuhkan waktu cukup lama dari pertama menderita hipertensi sampai mencapai komplikasi penyakit ginjal.

Demikian juga pasien diabetes melitus, perlu waktu tahunan untuk terjadi komplikasi penyakit ginjal kronis sampai tahap gagal ginjal.

Penyakit ginjal menurut kondisinya bisa ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dan juga pada kondisi tertentu yang paling baik ditangani oleh konsultan ginjal hipertensi.

Pengobatannya juga bervariasi tergantung kondisinya. Untuk penyakit ginjal akut, dicari penyebabnya dan harus diatasi segera, sementara pada kondisi gangguan ginjal akut pasien yang berat, dapat sampai perlu dilakukan hemodialisis (cuci darah).

sumber:
jpnn.com
Tag : Berita

Label

Berita (832) Islam (114) Kamus Jawa (508) Kesehatan (390)
Back To Top