Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Resiko Gadget untuk Anak Berdasarkan Survei

Setelah melakukan survei ke 1.034 orangtua yang memiliki anak usia 6 bulan hingga 4 tahun, sebuah lembaga independen Childwise menemukan, hampir 10 persen dari orangtua menyediakan tablet di kamar anak, sehingga “memencet layar” menjadi hal yang lumrah sebelum tidur.

Tak hanya itu, anak-anak juga dibebaskan tidur dengan tablet mereka, sehingga kamar telah beralih fungsi dari zona istirahat menjadi zona bermain elektronik.

Bila di tahun 2012 hanya 27 persen anak di usia tersebut yang menggunakan tablet dan telepon seluler, di tahun ini jumlahnya meningkat hingga 73 persen. Dan 29 persen di antaranya, sudah memiliki tablet pribadi pemberian orang tua.




Kebanyakan anak-anak menggunakan perangkat tersebut untuk menonton video klip, program televisi, main game, maupun aplikasi. Rata-rata lama penggunaan ialah 30 menit hingga 1 jam.

Tak heran bila penelitian tersebut juga mendapati, 1 di antara 10 anak usia pre-school sudah sangat lekat dengan tayangan televisi maupun aplikasi tablet, sehingga sangat berisiko mengalami kecanduan layar elektronik.

sumber kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top