Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Agar Nyeri Lambung Tak Berulang

Keluhan yang dialami, seperti mual, muntah, nyeri lambung, tidak ada nafsu makan merupakan keluhan yang sering jadi alasan seorang pasien konsultasi ke dokter.

Banyak kemungkinan penyebabnya, termasuk relfuks asam lambung seperti yang diperkirakan dokter yang merawat saudara

Dalam ilmu kedokteran keluhan ini dikenal dengan istilah dispesia. Ada dua kelompok penyebabnya, yaitu kelompok penyakit organik seperti tukak peptik, gastritis, batu kandung empedu dll.




Penyebab kedua adalah gangguan fungsional bila pada pemeriksaan dasar seperti endoskopi tidak ditemukan gangguan struktur atau organik, dikenal dengan dispesia fungsional.

Sehubungan dengan keluhan saudara, bila tidak ada gejala-gejala lain yang mengancam, misalnya buang air besar yang berwarna hitam, anemia, penurunan berat badan, sering sekali muntah, saudara tidak perlu khawatir sekali.

Tapi, bila ada gejala seperti di atas, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebib lanjut seperti endoskopi untuk mengetahui kelainan organik sebagai penyebabnya.
Lazada Indonesia



Lazada Indonesia

Lazada Indonesia
Lalu, "apa yang harus anda lakukan?" Seperti diketahui bahwa dispesia ini banyak penyebabnya dan patogenesisnya juga tidak pasti. Dan beberapa diantaranya yang penting adalah karena sekresi asam lambung yang berlebihan, faktor diet, dan psikologis.

Jadi, saudara juga harus belajar untuk mengetahui faktor pencetus yang menyebabkan keluhan-keluhan saudara bisa muncul, misalnya fakor makanan, adanya stress dll.

Makan terlalu kenyang, mengkonsumsi makanan yang merangsang seperti makanan yang pedas, asam, banyak bumbu, kopi, banyak berlemak, rokok sebaiknya saudara batasi. Belajar juga mengelola stres dengan bijak, bahkan olahraga secara teratur juga dapat membantu.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top