Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

4 Ciri Toko Online Terpercaya

Memang sungguh disayangkan di negara yang berpotensi besar ini, kepastian hukum dan perlindungan konsumen nya belum dijunjung tinggi.

Sehingga pada saat kita nanti terjebak dalam skema penipuan melalui website online dan dilaporkan ke penegak hukum bisa jadi malah muncul kerepotan baru. Namun demikian, anda tidak perlu khawatir ditipu jika mengikuti saran dan panduan kami dalam memilih layanan online yang terpercaya.


Anda pasti pernah berminat dengan produk yang dijajakan secara online kan? Namun tidak selalu minat tersebut berujung pembelian. Salah satu sebabnya adalah banyaknya cerita penipuan yang dilakukan oleh penjual barang secara online.

Untuk menghindarinya, kita harus berperan sebagai konsumen yang cerdas. Kabar baiknya menjadi konsumen cerdas tidaklah sulit, kita hanya perlu sedikit cermat melihat informasi yang ada di website tersebut. Adapun hal yang harus dipastikan pada saat melakukan pembelian secara online adalah sebagai berikut

1. Alamat dan Telepon Penyedia Layanan

Website yang bisa dipercaya biasanya mencantumkan alamat kantor dan nomor telepon yang jelas dan mudah dihubungi. Yang menjadi tantangan adalah memastikan alamat tersebut memang benar merupakan kantor penyedia jasa online.

Kabar baiknya, google sekarang telah meluncurkan fitur streetview yang memudahkan kita untuk bisa mengecek apakah memang website tersebut memiliki alamat yang bisa dipercaya. Untuk nomor telepon, anda bisa juga mengecek ke 107 untuk kebenaran alamat dan nomor telepon yang dicantumkan didalam website. Contohnya, adalah salah satu website yang menjual paket umroh ini bisa di cari di google pada alamat ini. Website yang merangkum semua biaya umroh dari travel umroh di seluruh Indonesia ini mencantumkan alamat dan informasi jelas tentang

2. Metode Pembayaran

Untuk website toko online biasanya menggunakan rekening resmi atas nama perusahaan, jika anda menemui permintaan transfer ke rekening pribadi, rasanya perlu lebih waspada. Apalagi jika menyangkut uang yang nominalnya besar.




Yang lebih bisa dipercaya adanya penggunaan payment gateway seperti doku, inifitum dan beberapa penyedia lainnya. Dengan adanya payment gateway tersebut pastinya pihak bank juga telah membantu memverifikasi kepastian dan sahnya bisnis tersebut.

Contohnya bisa dilihat pada laman informasi pembayaran pada website traveloka yang mengkhususkan diri untuk layanan pemesanan tiket online

3. Tampilan dan Domain Website

Website yang resmi, biasanya memiliki tampilan yang lebih menarik dibandingkan website yang berniat buruk. Mudahnya adalah biasanya penipu tidak memiliki sumber daya untuk membuat website yang berpenampilan menarik.

Selain website yang berpenampilan menarik, domain yang menggunakan akhiran co.id biasanya lebih dapat dipercaya karena dalam proses pembeliannya diperlukan legalitas perusahaan. Sebagai contoh kita bisa melihat laman website marketplace terbesar di Indonesia ini. OLX.CO.ID

4. Adanya Fitur Chat Langsung

Walaupun terlihat sederhana, fitur chat langsung ini sebenarnya sangat memudahkan kita untuk mengetahui manakah layanan yang terpercaya dan cukup diragukan. Sebabnya adalah, layanan chat yang baik biasanya berbayar. Seperti Kayak, Zopim dan beberapa layanan lainnya. Kalau masih menggunakan layanan seperti Yahoo! Messenger biasanya kita harus ekstra hati hati.

sumber: jpnn.com
Tag : Berita
Back To Top